//
you're reading...
Gagasan

MEBANGUN KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA KARYAWAN

Ada apa dengan kinerja karyawan

Kalau kita sepakat bahwa fungsi ideal dari pelaksanaan tugas karyawan dalam unit kerja adalah fungsi pelayanan, maka orientasi manajemen harus berfokus pada pelanggan. Maka konteks seharusnya adalah bahwa arah pelaksanaan tugas karyawan adalah memberikan pelayanan pada pelanggan, baik internal maupun exsternal.

Hal-hal di atas tidak mudah. Karena barisan terdepan dalam pemberian pelayanan adalah karyawan dengan berbagai persoalannya. Bukan tidak mungkin pelanggan memperoleh citra yang buruk tentang lembaga/organisasi, gara-gara pekerjaan pelayanan oleh karyawan yang jelek. Dari sinilah mungkin enter-point-nya. Harus fokus pada peningkatan kinerja karyawan. Karena tidak mungkin terjadi “fokus pada pelanggan” tanpa didahului oleh “fokus pada karyawan.”
Berbicara kinerja individual karyawan, ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi. Menurut Gibson, kinerja individual karyawan dipengaruhi oleh faktor motivasi, kemampuan dan lingkungan kerja.

Awalnya, adalah Motivasi Kerja

Faktor motivasi memiliki hubungan langsung dengan kinerja individual karyawan. Sedangkan faktor kemamampuan individual dan lingkungan kerja memiliki hubungan yang tidak langsung dengan kinerja. Kedua faktor tersebut keberadaannya akan mempengaruhi motivasi kerja karyawan. Karena kedudukan dan hubunganya itu, maka sangatlah strategis jika pengembangan kinerja individual karyawan dimulai dari peningkatan motivasi kerja. Diyah Dumasari Siregar ST, MM, dalam tulisannya menyatakan, bahwa karyawan dan perusahaan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Karyawan memegang peran utama dalam menjalankan roda kehidupan perusahaan. Apabila karyawan memiliki produktivitas dan motivasi kerja yang tinggi, maka laju roda pun akan berjalan kencang, yang akhirnya akan menghasilkan kinerja dan pencapaian yang baik bagi perusahaan. Di sisi lain, bagaimana mungkin roda perusahaan berjalan baik, kalau karyawannya bekerja tidak produktif, artinya karyawan tidak memiliki semangat kerja yang tinggi, tidak ulet dalam bekerja dan memiliki moril yang rendah.

Adalah menjadi tugas manajemen agar karyawan memiliki semangat kerja dan moril yang tinggi serta ulet dalam bekerja. Berdasarkan pengalaman dan dari beberapa buku, biasanya karyawan yang puas dengan apa yang diperolehnya dari perusahaan akan memberikan lebih dari apa yang diharapkan dan ia akan terus berusaha memperbaiki kinerjanya. Sebaliknya karyawan yang kepuasan kerjanya rendah, cenderung melihat pekerjaan sebagai hal yang menjemukan dan membosankan, sehingga ia bekerja dengan terpaksa dan asal-asalan. Untuk itu merupakan keharusan bagi perusahaan untuk mengenali faktor-faktor apa saja yang membuat karyawan puas bekerja di perusahaan. Pemahaman tentang jenis atau tingkat kebutuhan perorangan karyawan oleh perusahaan menjadi hal mendasar untuk meningkatkan motivasi. Dengan tercapainya kepuasan kerja karyawan, produktivitas pun akan meningkat.

Apa sebenarnya yg dibutuhkan karyawan? Menurut Maslow, jenjang kebutuhan manusia sebagai karyawan dari yang terrendah hingga yang tertinggi adalah :
Physiological Needs (Kebutuhan fisiologis/dasar/pokok)
Safety Needs (kebutuhan akan rasa aman).
Social/Affiliation Needs (kebutuhan untuk bersosialisasi)
Esteem Needs (kebutuhan harga diri).
Self-actualization Needs (kebutuhan aktualisasi diri).

Apa yang bisa kita ambil manfaatnya?

Menurut Diyah lagi, dari tingkat kebutuhan manusia menurut Maslow tersebut, kompensasi dalam bentuk sentuhan emosional merupakan level yang lebih tinggi, dibandingkan kebutuhan fisik/dasar. Level tertinggi yaitu Self-actualization Needs (kebutuhan aktualisasi diri) membuktikan bahwa karyawan lebih senang apabila diberi kesempatan untuk mengembangkan diri dan diakui oleh perusahaan. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian, bahwa karyawan ingin mendapat kesempatan berkembang dan menunjukkan kemampuannya.

About these ads

About cokroaminoto

Lahir di Pekalongan, 29 Nopember 1966. Berkeluarga, dengan 2 anak. Sejak SD hingga SLTA Kejuruan lulus di Pekalongan. Menjalani ikatan dinas dari Departemen Kesehatan sejak 1987 di Kebumen. Pada tahun 1996 menyelesaikan program sarjana FISIP, dan pada tahun 2001 lulus program pasca sarjana Manajemen Kesehatan di UGM Yogyakarta. Sejak itu, mulai tertarik pada wilayah kajian pengembangan kinerja (Walah, sok ilmiah..). Bukan apa-apa, karena dalam dunia kerja, apa lagi kerja di kantoran, persoalan kinerja menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama. Bagaimana tidak, maju-mundurnya sebuah kantor, organisasi, bahkan dari sistem pemerintahan tergantung dari sini. Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangannya. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman. Amin

Discussion

117 thoughts on “MEBANGUN KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA KARYAWAN

  1. mohon bantuan mencari kuisoner motivasi. terima kasih

    Posted by bowo | August 22, 2007, 4:22 am
  2. saya sangat perlu sekali sebuah jurnal tentang/ yang ada kaitannya dengan hubungan pemberian kompensasi, dengan motivasi dan prestasi kerja, mohon bantuannya, terima kasih.

    Posted by lina | September 17, 2007, 3:45 am
  3. selamat pagi, saya sangat membutuhkan bantuan mencari kuisieoner tentang peranan motivasi dalam upaya meningkatkan prestasi kerja karyawan. Atas bantuanya diucapkan terima kasih.

    Posted by febriano de jesus | September 20, 2007, 12:39 am
  4. saya minta tolong, adakah motivasi kerja guru sekolah gratis.

    Posted by della | November 8, 2007, 9:23 am
  5. Pa Cokro, tolong direspon secepat mungkin..
    Terima kasih sekali, pa..

    Posted by Aria | November 29, 2007, 12:38 pm
  6. saya minta tolong dikirimkan jurnal hubungan pelatihan terhadap kinerja, atau jurnal tentang kinerja..terimakasih ya…

    Posted by wandi | December 10, 2007, 4:13 am
  7. Ass.Wr. Wb. Saya tertarik dengan jurnal yang telah ditampilkan, kalo boleh berbagi, saya butuh bantuannya untuk mendapatkan teori-teori tentang kinerja. Makasih atas bantuannya, Wassalaum’alaikum Wr.Wb.

    Posted by Budi Alimudin | December 16, 2007, 9:14 am
  8. Terimakasih respon Budi Alimudin. Hampir semua artikel site ini, di bawah kategori gagasan, banyak mengambil dari teori-teori kinerja. Beberapa alamat web online, saya sertakan dalam bentuk link aktif untuk menjawab coment. Kalau ada yang sesuai, anda tinggal klik. Semoga bermanfaat. Saya tunggu komentar-komentar berikutnya. Salam

    Posted by cokroaminoto | December 16, 2007, 9:29 am
  9. mohon bantuan untuk quesioner pengaruh lingkungan dan motivasi. terima kasih

    Posted by sunarya | December 19, 2007, 1:54 am
  10. Sunarya, menurut saya kembangkan dulu variabel penelitian anda, meliputi aspek apa saja yang mau diukur. Setelah itu, baru dirancang kuesionernya. Logikanya jangan dibalik, salah-salah penelitian anda akan berantakan. Jangan terjebak menggunakan kuesioner yg sudah jadi. Kalaupun harus menggunakan/mengadopsi kues jadi, tetap harus dilakukan uji instrumen.
    Mengembangkan variabel penelitian dapat dilakukan dengan melakukan penelusuran kepustakaan, literatur atau hasil penelitian terdahulu. Dari tinjauan pustaka, akan diperoleh landasan teori dan kerangka konsep penelitian. Yang berguna untuk membuat rancangan dan metode/instrumen penelitian.Semoga bermanfaat. Salam

    Posted by cokroaminoto | December 19, 2007, 2:49 am
  11. sangat menarik sekali tentang bahasan kinerja ini. kalo boleh, saya butuh bantuannya untuk mendapatkan teori-teori tentang kinerja,terimakasih.

    Posted by willy | January 17, 2008, 6:21 am
  12. Saya butuh bantuan tentang peningkatan kinerja karyawan berdasarkan pengaruh kepuasan kerja dan pemenuhan motif

    Posted by willy | January 17, 2008, 6:38 am
  13. Willy terimakasih komentar-komentarnya. Untuk mendapat teori-teori lainnya tentang kinerja, anda bisa buka blogroll info manajemen

    Posted by cokroaminoto | January 20, 2008, 2:52 am
  14. Ass..Wr Wb

    Mohon diberi artikel yang memuat : membanngun motivasi dalam keselamatan kerja .

    Terima kasih

    Wass.. Wr Wb

    Posted by RATIH | January 26, 2008, 7:33 am
  15. Ratih terimakasih responnya. Dari beberapa literatur yang saya pelajari, kedua variabel itu saling berhubungan satu sama lain. Beberapa aspek motivasi sudah pernah saya bahas di site ini. Sedangkan untuk topik keselamatan kerja, anda bisa temukan dalam bahasan HIPERKES. Sebagai referensi, silakan pelajari undang-undang keselamatan kerja. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | January 27, 2008, 8:20 am
  16. saya juga tertarik dengan teori-teori yang berhubungan dengan kinerja dan motivasi tolong dikirimkan teori-teori yang terbarunya, sebagai landasan penyusunan penulisan saya tentang pengaruh motivasi karyawan terhadap kinerja karyawan

    Posted by mey | February 18, 2008, 8:05 am
  17. Mey, terimakasih. Untuk info motivasi dan kinerja, banyak dibahas dalam literatur psikologi organisasi atau buku-buku manajemen sumberdaya manusia. Untuk sumber terbuka dari internet, Mey dapat mengunjungi Wikipedia Indonesia di http://id.wikipedia.org/wiki/TEORI_MOTIVASI . Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | February 20, 2008, 2:04 pm
  18. Ass Wr Wb..
    saya lagi skripsi… mohon bantuannya dicarikan jurnal-jurnal mengenai motivasi kerja dan penilaian terhadap upah… terimakasih..
    Waalaikumsalam Wr Wb

    Posted by elsha | March 13, 2008, 6:58 am
  19. Elsha, untuk jurnal-jurnal ilmiah, anda dapat mencarinya di perpustakaan. Untuk sumber-sumber online anda bisa baca posting artikel ini: http://cokroaminoto.wordpress.com/2007/10/28/understanding-employee-motivation/
    Demikian semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | March 14, 2008, 5:48 am
  20. Selamat pagi
    Saya mau minta bantuan membuat instrumen metolodologi penelitian tentang motivasi minimal 15 butir
    Trima Kasih

    Posted by Ari Anggarani | March 24, 2008, 2:53 am
  21. Ari Anggarani, terimakasih. Anda cari dulu batasan, pengertian atau konsep motivasi, serta faktor2 apasaja yg ingin anda dapatkan dari motivasiitu dalam bentuk TINJAUAN PUSTAKA. Setelah itu, butir2 pengertian tersebut, anda ubah dg kalimat anda sendiri menjadi kalimat atau format yg memungkinkan kita mendapatkan jawaban dari responden! Dengan demikian, tidak hanya 15 butir yg akan anda buat, tetapi bisa lebih. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | March 26, 2008, 3:27 pm
  22. pak, mau tanya…
    1. alat ukur motivasi itu apa saja
    2. bagaimana cara mengukur tingkat kepuasan pelanggan

    trims….

    Posted by octavia | April 12, 2008, 3:03 am
  23. Octavia, terima kasih. Mengukur kepuasan pelanggan banyak cara dan alat yg digunakan. Hal ini sangat tergantung apa tujuan penelitian kita, dan aspek apa saja yg ingin kita ukur. Sehingga instrumen mengukur kepuasan pelanggan berisi aspek-aspek tadi. Misalnya ingin mengukur kepuasan produk layanan , maka hrs diketahui terdiri atas aspek apasaja layanan itu. Hal2 itulah yg kita tanyakan pd responden. Banyak instrumen ini berbentuk skala kepuasan, dari ‘sangat tidak puas’ hingga ‘sangat memuaskan’

    Posted by cokroaminoto | April 13, 2008, 1:10 am
  24. mas ana mohon bantuan tentang kuisioenr gaya kepemimpinan, motivasi dan kinerja. hubungi saya di 081395098827

    Posted by apip | April 14, 2008, 9:03 am
  25. met siang pak..
    sya mengangkat judul skripsi”pengaruh motivasi non finansial trhdp kinerja karyawan”. atribut yng saya gunakan pada motivasi non finansial: lingkungan kerja, tingkat komunikasi, penghargaan, jenjang karir.
    sya mhon bantuan bpk agar bpk bs memberikan teori2 dr motivasi non finansial yg saya gunakan, dan sy jg minta bantuan terntang kuisioner motivasi non finansial(dr atribut yg sya gunakan) dan kinerja. mhon bantuannya ya pak… trima ksih..

    Posted by lilis | April 16, 2008, 5:24 am
  26. Apip, terimakasih. Anda jangan berfikir bahwa kuesioner atau instrumen penelitian dapat berlaku umum untuk penelitian lain. Sehinga, ketiga instrumen yg anda butuhkan tegantung dari tujuan penelitian yg ingin anda capai. Rumuskan dulu, kemudian lakukan tinjauan pustaka yg memadai. Jika anda membutuhkan keterangan tanya-jawab selanjutnya dapat via e-mail saja.

    Posted by cokroaminoto | April 16, 2008, 10:37 am
  27. Lilis, terimakasih. Melihat judul anda ”pengaruh motivasi non finansial trhdp kinerja karyawan”. Sedangkan atribut yng anda gunakan pada motivasi non finansial, adalah : lingkungan kerja, tingkat komunikasi, penghargaan, jenjang karir. Anda tetapkan berdasarkan apa, dari mana sumbernya? Menurut pandangan saya, Jika atribut tersebut diambil dari buku/jurnal, hasil penelitian, maka itulah landasan teorinya. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | April 16, 2008, 11:35 am
  28. siang pak, sblmny trima ksih. saya mengambil sumber itu dari hasil penelitian terdahulu pak., & sbagian dr buku. sya mhon bantuan bpk untuk membantu sya mncari kuisioner sesuai judul sya: ”pengaruh motivasi non finansial trhdp kinerja karyawan”.dgn atribut lingkungan kerja, tingkat komunikasi, penghargaan, jenjang karir. trima ksih..

    Posted by lilis | April 21, 2008, 7:03 am
  29. Lilis, utk kuesioner atau instrumen motivasi non finansial sesuaikan dg teorinya. Jika anda sdh berketapan atributnya meliputi: lingkungan kerja, tingkat komunikasi, penghargaan dan jenjang karir, maka anda harus memperoleh tinjauan pustaka yg memadai tentang 4 hal tersebut. Dengan begitu, anda akan memperoleh gambaran yg cukup mengenai masing2 atribut tadi. Selanjutnya, anda tinggal mengembangkannya menjadi instrumen penelitian. Maaf, saya sebut instrument, karena belum tentu sebuah atribut atau variabel dpt dikumpulkan dg kuesioner, tetapi bisa jadi dg menggunakan lembar observasi. Itu semua, tergantung bagaimana gambaran masing2 atribut tsb berdasarkan tinjauan pustaka atau tinjauan teori yg anda lakukan. Demikian, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | April 21, 2008, 3:38 pm
  30. saya senang sekali dengan topik anda
    perkenalkan nama saya daniel
    saya sekarang bekerja di perusahaan telekomunikasi yang sedang berkembang berbasis CDMA saya memimpin beberapa karyawan di slaah satu divisi.yang ingin saya tanyakan bagaimana cara memberi motivasi yang tidak terlalu muluk muluk dan memeang bner bner mengenak ke sasaran
    karena selama ini berbagai macam tips yang sudah saya jalankan kayaknya masih belum begitu optimal

    Posted by daniel | May 12, 2008, 3:08 pm
  31. Daniel, terimakasih. Ada pelajaran terdalam dari seluruh teori motivasi. Bahwa seseorang akan berbuat segala sesuatu untuk sesuatu yg bagi dia adalah segala-galanya. Maknanya bhw ketika kita ingin memotivasi orang, kita harus tahu sesuatu yg bernilai yg dia butuhkan saat ini.
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | May 12, 2008, 8:47 pm
  32. pak cokro mohon bantuan dalam jurnal motivasi dengan semangat kerja..saya sulit sekali mencari jurnal untuk penelitian ini thxxxx banggeeeeet pak. diimohon bantuannya

    Posted by lenny | June 4, 2008, 4:26 pm
  33. Lenny, silakan kunjungi website ‘Journaln of extension’ di http://www.joe.org/joe/1998june/rb3.html
    Smg bermanfaar.

    Posted by cokroaminoto | June 4, 2008, 5:32 pm
  34. Assalamu Alaikum Wr.Wb

    saya lagi skripsi judulnya Gambaran kinerja perawat pelaksana di rumah Sakit X makassar, trus kerangka konsepnya adalah motivasi intrinsik dan ekstrinsik. dalam Variabel intrinsik : Penghargaan dan Tanggung jawab dan Variabel Ekstrinsiknya : Kondisi Kerja dan Hubungan Kerja. menurut teori hezberg selain diatas faktor imbalan masuk ke dalam bagian ekstrinsik. permasalahannya adalah dalam buku manajemen kinerja ( Prof. Dr. Wibowo, S.E, M.Phil ) mengatakan penghargaan terbagi atas 2 bag yaitu : material dan Non material. jadi terdapat Kesamaan antara intrinsik dan ekstrinsik itu sendiri, Mohon jawaban bapak ??? trus bgmn standar penilain kerja pak ??? terima kasih.

    Posted by uya | June 16, 2008, 7:12 am
  35. Waalaikummussalam Wr.Wb. Uya, terimakasih.
    Variable imbalan apapun bentuknya, menurut pandangan saya, termasuk kelompok Ekstrinsik. Ksrena berasal dari luar individu.
    Ada kata kunci utk imbalan (reward) adalah segala respon yg diterima atas suatu pekerjaan yg kita laksanakan, dan respon itu menyebabkan kita lbh bersemangat atas penyelesaian pekerjaan yg sama di kemudian hari.
    Utk standar kinerja anda dapat buka tulisan saya ‘Respon untuk sausan’
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | June 19, 2008, 12:27 pm
  36. saya ingin ditampilkan jurnal tentang motivasi kerja

    Posted by indah | June 25, 2008, 1:16 am
  37. saya sedang skripsi yg judulnya Peningkatan Pelayanan Kerja Karyawan yang Dipengaruhi Penerapan Kedisiplinan Kerja & Pemberian Motivasi Kerja. saya ingin tau teori-teori yang berpengaruh pada variabel tersebut & jurnal penelitiannya. Terima kasih sebelumnya

    Posted by indah wulansari | June 25, 2008, 1:22 am
  38. Indah dan Indah Wulansari, terimakasih. untuk topik yang anda butuhkan bisa kunjungi
    http://www.geocities.com/Athens/Forum/1650/htmlobtoc02.html
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | June 26, 2008, 5:17 am
  39. salam,
    trims atas kesempatan ini.
    kami butuh materi singkat motifasi untuk karyawan perusahaan swasta pembuatan rokok, untuk karyawan setingkat supervisor dan mandor.
    trims atas bantuannya,
    hormat kami.

    Posted by arafat bakhtiar | July 5, 2008, 8:26 am
  40. arafat bakhtiar, terimakasih. Pelajaran terdalam dari seluruh teori motivasi adalah seseorang akan berbuat segala sesuatu untuk sesuatu yg bagi dia adalah segala-galanya. Maknanya bhw ketika kita ingin memotivasi orang, kita harus tahu sesuatu yg sangat bernilai bagi seseorang, dan sdg dia butuhkan saat ini.
    Untuk bahan materi singkat anda dpt buka tulisan yg saya posting di http://cokroaminoto.wordpress.com/category/referensi/page/6/
    Demikian, Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | July 9, 2008, 7:56 am
  41. Assalamualaikum wr.wb

    Mas cokro, apa kabar. aku henri dari bangka belitung masih ingat kan.
    appresiasi buat mas cokro.
    aku sekarang baru masuk pasca UT ambil magister administrasi publik
    mohon bantuan kira-kira tesis yang cocok dibidang kesehatan yang terkait dengan jurusan yang aku ambil apa ya.
    ditempat ku masalah kesehatan yang menonjol : malaria, TB, AIDS, keterbatasan jumlah dan kemampuan petugas pelaksana.

    mohon petunjuk.
    Matur nuwon sanget ya mas

    Posted by henri | August 10, 2008, 2:56 pm
  42. Henri, terimakasih mau mampir.
    Waalaikumussalam wr.wb. untuk rencana tesis anda, tepat jika Henri melakan analisa atas kebijakan publikn dari masalah2 kesehatan itu. Tetapkan yg paling bermasalah, Agar layak jadi penelitian tesis.
    Meminjam konsep Dunn, analisa kebijakan publik dpt dilakukan melalui: problems structuring, monitoring, forecasting, evaluation, recommendations, and practical inference.
    Demikian henri, semoga bermanfaat. Salam

    Posted by cokroaminoto | August 10, 2008, 3:40 pm
  43. Mohon Bantuan Kuesioner tentang kinerja karyawan, motivasi dan faktor2 yang berpengaruh terhadap keduanya. tolong dikirim ke email saya. trimakasih.

    Posted by woro | August 14, 2008, 4:52 am
  44. woro, jika anda menghendaki jawaban via e-mail, langsung saja tulis pertanyaan anda via e-mail. Sehingga, saya akan membalasnya via e-mail juga. tk

    Posted by cokroaminoto | August 14, 2008, 1:46 pm
  45. Assalamualaikum wr wb..
    Selamat malam pak, skrg saya sedang mengerjakan skripsi dengan judul ‘Analisis Pengaruh Motivasi dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan’. saya ambil judul tsb karna di perusahaan yg akan menjadi tempat penelitian saya mempunyai suatu program khusus utk pelatihan dan pemberian motivasi utk peningkatan kinerja karyawannya. kebetulan dosen pembimbing saya hanya menginginkan saya menggunakan jurnal2/referensi dari luar negeri (asing), masalahnya saya kesulitan utk menemukannya. Mohon bantuannya ya pak…terima kasih sebelumnya…
    Wassalamualaikum wr wb…

    Posted by Krisna | August 14, 2008, 4:45 pm
  46. Krisna, terimakasih. Judulnya harus difokuskan pd evaluasi keberadaan 2 unit tadi. Dan ambil salah satu saja, diklat atau motivasinya.
    Untuk jurnal/reference lur negeri banyak tersedia secara on-line. Anda dapat klik link yg tersedia pd menu blogroll website ini.

    Posted by cokroaminoto | August 14, 2008, 10:12 pm
  47. Pagi Pak Cokro.
    Pak, saat ini saya sedang magang di suatu perusahaan. saya dilibatkan dalam pelaksanaan proses manajemen kinerjanya, yang saat ini adalah mid year performance manajemen.
    secara konsep (tujuan, pelaksanaan, dan prinsip-prinsip yang ditetapkan perusahaan), saya melihat sistemnya sudah bagus. Nah, sebagai bahan laopran akhir, saya ingin meneliti, “bagaimanakah persepsi karyawan terhadap pelaksanaan sistem tersebut? apakah sudah sesuai dengan tujuan-tujuan dan prinsip-prinsip yang ditetapkan perusahaan?”
    problem saya saat ini adalah dalam menyusun kuesionernya Pak. saya benar-benar tidak punya ide yang matang untuk menyusun kuesioner yang menggali hal tersebut. Untuk itu saya sangat berharap Bapak dapat membantu memberi masukan atau referensi. (Waktu saya tinggal 10 hari lagi untuk penyelesaian)
    sebelumnya terimakasih.

    Posted by rini | August 28, 2008, 4:04 am
  48. Pak Cokro, Salam kenal sebelumnya

    Kalo punya daftar referensi buku2 sumber mengenai dasar teori dan definisi dari stres kerja dan motivasi kerja… mohon bagi2 infonya ya…

    terimakasih
    atur nuheun

    Posted by Dody | August 28, 2008, 4:36 am
  49. Rini, terimakasih. Untuk ini, tinggal indikator tujuan, pelaksanaan, dan prinsip-prinsip yang ditetapkan perusahaan tsb, yg dilaporkan dlm mid year itu, di tanyakan kpd para pegawai apa sdh sesuai apa belum, menurut mereka. jika belum, apa komentarnya.

    Posted by cokroaminoto | August 29, 2008, 11:03 am
  50. Dody, terimakasih. Insyaallah akan saya bagikan. Saya sdg menulis ttg stress dlm pekerjaan. utk tulisan lain, anda bisa kunjungi di http://www.cokroaminoto.blogetery.com
    semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | August 29, 2008, 11:22 am
  51. tlg gmn caranya bwt kuesioner ttg hubungan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan..saya sedang mo buat makalah seminar.

    Posted by bayu | September 5, 2008, 3:46 am
  52. dimohon bantuannya dalam pembuatan kuisioner ttg motuvasu karyawan dalam meraih prestasi kerja. mohon segera di respon ya pak…
    terima kasih

    Posted by rengga | September 5, 2008, 3:31 pm
  53. rengga, terimakasih. kuesioner itu disusun berdasarkan variable atau indikator yg ingin dikaji rengga. Misalnya, dalam meraih prestasi perlu ada aspek apa saja, sedangkan seseorang secara individual membutuhkan apa saja. Hal2 seprti itu, musti di ketahui lebih dulu. Dalam penelitian, harus ada tinjauan pustaka dan landasan teori.
    Demikian, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | September 7, 2008, 9:38 am
  54. saya minta tolong carikan contoh kuesioner hubungan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik dengan kinerja karyawan (bidan). thanks ya..

    Posted by ulhaq_cakep | October 23, 2008, 7:56 am
  55. maaf pak cokro… saya mau tanya…. dengan data variabel apa saja kita dapat mengukur tinggi atau rendahnya tingkat motivasi kerja karyawan?

    Posted by Mrietzaa | November 3, 2008, 2:35 pm
  56. Mrietzaa, terimakasih. tinggi rendahnya motivasi kerja individu seringkali berhubungan dengan rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan dan staff/anak buah, usaha untuk mengembangkan diri, suka kerja keras, suka pekerjaan menantang, serta mampu menjalin hubungan kerja.
    Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi, dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal. Dari faktor eksternal, antara lain pendapatan, fasilitas, status, mutu dan kualitas, serta hubungan dengan staff/bawahan. Dari faktor internal, antara lain prestasi, pengakuan, tanggungjawab, kemajuan, pekerjaan itu sendiri, serta kemampuan berkembang.
    Demikian semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | November 6, 2008, 4:32 pm
  57. ass. kalo boleh saya ingin mengomentari tentang teori piramida kebutuhan maslow… dalam buku spiritual capital karangan danah zohar yang diterbitkan oleh mizan, disampaikan bahwa maslow menyesali teori tersebut dan berusaha membalik piramida itu. artinya, kebutuhan utama dan paling penting bagi manusia sesungguhnya adalah aktualisasi diri.
    sehingga, manusia membutuhkan ideologi atau bahasa lain adalah iman. karena dengan akar ideologi atau iman yang kuat, hal-hal lain akan terpacu.
    lebih lengkap silahkan baca buku danah zohar. wass.

    Posted by fuad fahrudin | November 27, 2008, 2:51 pm
  58. Ustadz Fuad, terimakasih. Sejauh ini, sumber tertulis atas ‘penyesalan’ seperti yg disampaikan Arif Munandar itu tidak jelas. Dalam bukunya, Zohar masih menulis bahwa manusia pertama dan terutama adalah binatang, yg hanya kemudian, jika kondisi memungkinkan ingin menjadi manusia.

    Posted by cokroaminoto | November 29, 2008, 1:21 am
  59. Pak Cokroaminoto,

    terima kasih atas artikelnya…
    Iya, saat ini saya sedang meneliti dan menulis mengenai “Pengaruh Mutasi Kerja/ Rotasi Kerja terhadap peningkatan Kinerja Kerja karyawan dalam rangka mewujudkan prinsip “The Right man at The Right Place” “.

    Akan tetepi, sedikit mendapat kendala dalam mengenai menyusun kuisioner mengenai Kinerja Kerja.

    Mohon bantuannya pak, mungkin bapak bisa membantu…

    Terima Kasih…

    Saya tunggu hasilnya…

    Hormat saya,

    Muhlisin

    Posted by Muhlisin | November 30, 2008, 3:53 am
  60. Muhlisin, terimakasih. Untuk variabel kinerja, anda dapat menetapkan apa standar kinerjanya. Jika sdh ada kita tinggal lakukan penilaian kinerja pegawai. Jika blm ada standarnya, ya kita susun. Jika anda ingin bahan bacaan, bgm menyusunya, anda bisa baca tulisan saya “Menyusun standar kinerja-respon utk sausan”

    Posted by cokroaminoto | November 30, 2008, 2:26 pm
  61. Pak cokroaminoto ,

    Terima kasih dengan pembelanjaran yang telah saya terima , saya hanya mau tanya tentang :
    1. Motivasi kinerja karyawan yang bagaimana yang bisa membuat karyawan betah menjalani kerja di perusahaan Manufaktur ??? kebetulan , saya berada di posisi Purchasing atau pengadaan barang . Dimana Perusahaan sekarang ini kena imbas dari Ekonomi Global . Sedangkan kerja saya adalah pengadaan barang yang di khususkan untuk Credit tanpa harus bayar Cash.Terus terang saya merasa keberatan dengan guncangan ekonomi yang melanda .Banyak teman – teman yang lebih berpotensi sudah di PHK . dan Alhamdulillah , saya sudah kerja selama 2 tahun dan sudah diangkat karyawan tetap.Tapi , saya merasa keberatan dengan keadaan keuangan perusahaan sekarang ini . Nah , kira kira …..Pak Cokro bisa ngasih saran dan motivasi kerja yang bagaimana agar saya tetap bertahan dengan keadaan ini . Terimakasih atas bantuan dan perhatiannya .

    Posted by marliafaradiba | December 10, 2008, 8:23 am
  62. Asslammu’alaikum Pak Cokro.
    Boleh gak saya mengutip kalimat yang ada di tulisan tulisan bapak, baik itu di blog ataupun lainnya, dan apakah harus juga dimasukan dalam daftar pustaka?
    Terima kasih jawabannya, wassalammu’alaikum.

    Posted by Denny | January 13, 2009, 1:26 pm
  63. Assalamu’alaikum
    Pak Cokro, sekarang saya sedang menyusun tesis. Saya mengambil tema tentang pengaruh gratifikasi thd kinerja karyawan. Tetapi saya kesulitan dalam memperoleh pengertuan gratifikasi yang bisa dihubungkan dengan pengertian kinerja. Mohon petunjuknya. Terima kasih
    Wassalamu’alaikum

    Posted by rahmad | January 21, 2009, 6:01 am
  64. Selamat pagi, salam syukur dan sukses. saya sedang melaksanakan tesis dengan quasi eksperimen pengaruh supervisi terhadap kinerja pada perawat, namun merasa kesulitan dlm menentukan pengukuran kinerja. Di domain mana sy harus mengukur kinerja perawat? apakah tujuan, proses, atau keluaran (hasil)? tkb

    Posted by Saeful | January 27, 2009, 2:16 am
    • saeful, terimakasih. Kinerja perawat berbeda antara yang di RS dengan di Puskesmas. Di Puskesmas perawat selain bertugas memberikan asuhan keperawatan, biasanya diserahi pimpinan untuk mengelola program kesehatan masyarakat lainnya. Kedua tugas inilah yang dapat anda jadikan standar kinerja. Baik tujuan, proses maupun outputnya. Anda jangan terjebak hanya mengukur indikator output saja, karena banyak capaian hasil itu merupakan proses kolaborasi atau kelompok.
      Demikian semoga bermanfaat. Untuk artikel pelayanan kesehatan anda bisa lihat di blog staff performance

      Posted by cokroaminoto | February 7, 2009, 7:30 am
  65. bagaimana menurut anda ” memotivasi karyawan dengan cara – mengancam ?”
    misalnya….
    memberikan motivasi akan memberikan bonus tapi dengan syarat ancaman….jika tidak maka…..
    bagaimana ya ?

    Posted by opie | February 4, 2009, 2:17 pm
  66. Selamat pagi pak, akhir2 ini banyak karyawan yang berbondong2 melamar PNS, it’s okey sih…. tapi dari dalam perusahaan tentu saja pusing tujuh keliling dg hal tsb, langkah panik yg ditembuh dg menciptakan secara kilat aturan2 mengikat karyawan, misalnya penggantian secara materiil, apakah memang ada aturan yg spesifik yang mengatur dalam hal mengikat karyawan semacam itu, pak? dan bagaimana bila masukan2 positif ke perusahaan, yang disampaikan secara positif pula, tidak ditanggapi pihak manajemen?

    Posted by Wiwik Effendi | February 20, 2009, 4:25 am
    • Wiwik Effendi, terimakasih. Hemat saya, tidak masalah, Dengan ketentuan bahwa aturan itu dibuat tidak secara sepihak dan mengikuti aturan perundangan yang berlaku.
      Pihak manajemen seringkali tidak sendirian (bukan perorangan-Red), dalam menanggapi masukan, lebih banyak dikonsolidasikan dg fihak-fihak terkait lebih dulu.

      Posted by cokroaminoto | February 23, 2009, 3:14 am
  67. saya sedang skripsi,saya mencari materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan.terimakasih

    Posted by IRA | February 20, 2009, 1:43 pm
  68. selamat malam,
    saya mau tanya tentang teori kinerja menurut gibson
    bisa dilihat di buku apa ya? terima kasih

    Posted by ratna prima dewi | February 27, 2009, 2:19 pm
    • ratna prima dewi, terimakasih. Dalam buku aslinya anda bisa baca “Managing for Performance: An Introduction to the Process of Managing”
      Oleh John M Ivancevich, James H. Donnelly, James L. Gibson Edition: 2, revised Diterbitkan oleh Business Publications, 1983 ISBN 025602913X, 780256029130
      647 halaman

      Posted by cokroaminoto | February 28, 2009, 3:54 am
  69. Selamat Siang Pak Cokro,
    Saat ini saya sedang menyusun skripsi dg judul ” PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI PADA KINERJA KARYAWAN “, saya kesulitan dalam pembuatan Proposalnya, mohon bantuannya Pak.

    Posted by Indira | April 1, 2009, 6:42 am
  70. menarik sekali ulasan tentang motivasi kerja karyawannya. Saya rasa yang paling penting adalah metode pengukur dan pemantau motivasi kerja.

    Posted by logos | May 12, 2009, 2:06 pm
  71. bapak… saya minta tolong dikirimkan jurnal yang berhubungan dengan motivasi kerja dan stress kerja… skripsi saya bertema pengaruh motivasi kerja dan stress kerja terhadap kinerja karyawan dalam lingkungan kerja… saya tunggun kabarnya dan terima kasih pak sebelumnya…

    Posted by Falensia | May 26, 2009, 12:55 pm
  72. Assalamualaikum..pak saya sedang mencari jurnal internasional tentang kinerja karyawan outsourcing dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Saya kesulitan sekali menemukan jurnal khusus karyawan outsourcing, apakah karyawan outsourcing bisa disamakan dengan karyawan sementara (temporary employees). Saya bisa minta rekomendasi jurnal internasional yang membahas masalah ini. Dimana saya bisa mendapatkannya? Terima kasih sebelumnya

    Posted by nurul | May 29, 2009, 8:06 am
  73. selamat pagi bapak, saya fitri saya mahasiswa MM Unsud Purwokerto, saya sedang membuat tesis dengan judul pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, saya mohon bantuannya untuk dapat membantu saya mengirimkan jurnal internasional mengenai motivasi kerja karyawan..terimakasih..

    Posted by FITRIANA | June 14, 2009, 2:07 am
  74. selamat pagi bapak, saya adip saya mahasiswa S1 Uniska Kediri, saya sedang dalam tahapan penyelesaian skripsi (MSDM) dengan judul pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja karyawan, saya mohon bantuannya untuk dapat membantu saya mengirimkan jurnal mengenai gaya kepemimpinan partisipatif dan kinerja karyawan, serta hal (pertanyaan) apa sajakah yang harus saya jadikan pedoman dalam pembuatan kuesioner..terimakasih..

    Posted by ADIP | June 19, 2009, 2:07 am
  75. hay…cokroaminoto,aq mau minta tolong nih.cariin donk jurnal tentang hubungan motivasi kerja dengan kualitas kerja karyawan.trims ya sblmx…

    Posted by MAZRAT | June 19, 2009, 2:08 am
  76. Fitriana dan Mazrat, terimakasih. Anda bisa baca buku text atau naskah tulisan dari jurnal sbb:
    Motivation, Emotions, and Leadership: The Silent Side of Management
    by Richard C. Maddock, Richard L. Fulton. 202 pgs.
    Leadership and Motivation: The Effective Application of Expectancy Theory, in Journal of Managerial Issues
    by Robert G. Isaac, Wilfred J. Zerbe, Douglas C. Pitt. 15 pgs.
    Managing to Be Fair: An Exploration of Values, Motives, and Leadership, in Administrative Science Quarterly
    by James R. Meindl. 25 pgs.
    The Relationship of Job Satisfaction with Substitutes of Leadership, Leadership Behavior, and Work Motivation, in Journal of Psychology
    by Steven W. Pool. 13 pgs.
    Motivation: Theory and Research (Chap. 9 “The Relation between Soldier Motivation, Leadership, and Small Unit Performance”)
    by Harold F. O’Neil Jr., Michael Drillings. 332 pgs.
    Work Motivation (Chap. 9 “Designing Productive Leadership Systems to Improve Both Work Motivation and Organizational Effectiveness”)
    by Uwe Kleinbeck, Hans-Henning Quast, Henk Thierry, Hartmut Hacker. 286 pgs.
    Management by Motivation (1968)
    by Saul W. Gellerman. 286 pgs.
    Untuk informasi detail secara online, anda dapat kunjungi:
    http://www.questia.com/library/psychology/motivation-and-leadership.jsp

    Posted by cokroaminoto | June 20, 2009, 3:11 pm
  77. Salam kenal, semoga bisa menjadi sahabat.
    Terima kasih atas artikel nya, ini sangat mebantu saya.
    jika berkenan melakukan kunjungan dan komentar balik.

    Posted by Irwan M Santika | June 26, 2009, 10:15 am
  78. salam kenal, saya sedang menyusun skripsi pengaruh mutasi antar ruangan terhadap motivasi kerja perawat di rsu x.mohon carikan jurnal yang berhubungan. trima kasih

    Posted by nurdin basyarah | July 5, 2009, 4:16 pm
  79. pak

    sy ini lagi bingung dg tugas dosen filsafat.beliau menyuruh utk membuat proposal bertema kinerja/motivasi/organisasi.

    kira2 judul apa yg simpel dan mudah dicari literaturnya.maklum sy tdk ckup pny waktu utk mengerjakan tugas krn dh beerumah tangga dan memiliki anak.
    trimakasih atas masukkan.

    Posted by rieha | October 23, 2009, 12:34 pm
    • rieha, terimakasih. Tidak usah bingung di blog ini bisa anda gunakan sebagai inspirasi judul tulisan anda. Keluarga, anak itu rahmat Allah, jangan jadi penghalang. Justru karena semangat keluarga dan anak-anak anda akan sukses. Rubah paradigmanya, bangun dan anda akan sukses.
      Semoga bermanfaat.

      Posted by cokroaminoto | October 24, 2009, 4:53 am
  80. selamat malam pa…
    saya mau tanya lagi, apakah demotivasi harus selalu dilihat pada aktifitas secara umum misalnya tingkat kehadiran dan pekerjaan yang belum selesai, atau bisa dilihat dari tidak dilakukannya pendokumentasian dari tindakan yang kita lakukan? mohon tanggapannya…
    terima kasih sebelumnya

    Posted by nurdin basyarah | October 23, 2009, 12:35 pm
  81. wah..terima kasih infonya, sbg karyawan saya juga harus tahu apa yg menjadi motifasi saya dlm bekerja.

    Posted by ciecie | October 29, 2009, 8:17 am
  82. selamat pagi pak……
    saya mahasiswa semester akhir dan akan menyusun skripsi, saya kesulitan untuk menentukan judul skripsi karena dari dosen, saya diminta mencari jurnal2 tentang msdm. saya tertarik untuk motivasi kerja. untuk mencari jurnal tersbt kira2 dimana ya pak, mohon bantuannya. terima kasih

    Posted by Dani | December 1, 2009, 1:56 am
  83. siang pak cokro,saya membutuhkan contoh kuesioner kepuasan kerja dlm suatu perusahaan.langkah ini saya lakukan untuk membantu pimpinan saya mengetahui kelemahan dan kekuatan kepemimpinannya.sebab saya liat turn over karyawannya sering sekali,selain karyawan tetap tdk ada yg mampu bertahan selama 2 bulan.

    oleh sebab itu saya mohon bantuan nya,kirimkan contoh kuesioner kepuasan kerja ke riswan24@yahoo.com.

    Mungkin saja penelitian saya berbeda dgn penelitian yg pak cokro lakukan,tp contoh kuesioner ini dapat saya jadikan pedoman peneletian saya.

    Terima kasih sebesar – besarnya..

    Posted by Riswan | December 6, 2009, 5:11 am
  84. ya mau tanya skripsi saya judulnya pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja karyawan, itu pake teori apa ya yg cocok ??? terimakasih.

    Posted by karina | March 11, 2010, 11:46 am
  85. Pagi pak.
    saya mau tanya bagaimana membuat pertanyaan wawancara dengan juidul pengaruh motvasi kerja dengan kinerja karyawan.
    ini email saya,dijawab melalui email…
    uyax_psi@yahoo.com
    terimakasih.

    Posted by Surya A Saputra | April 12, 2010, 1:30 am
  86. siang pak.

    saya mau tnya, bagaimana membuat pertayaan wawancara tentang judul:
    disiplin kerja guna peningkatan produktivitas kerja karyawan.
    langsung di bls di email ini j ya:

    Posted by venancio da silva | April 13, 2010, 3:08 am
  87. As Al, Pak Cokroaminoto yang saya hormati, gini Pak saya lagi ada tugas membuat kisi-kisi instrumen penelitian tentang Kinerja Penyuluh Pertanian, tapi saya bingung dasar teorinya. Yang banyak saya baca, termasuk tulisan Bapak, hanya teori motivasi. Kelihatan memang ada hubungannya antra motivasi dan kinerja, tapi gimana menarik benang merahya ya Pak. Semoga Bapak berkenan membantu, saya agak asing di bidang ini Pak. Terima kasih banyak sebelumnya. Salam!

    Kalau bisa dijawab via email Pak: astihamkabugisnesia@gmail.com

    Posted by Asmawati Hamka | April 17, 2010, 10:53 pm
  88. makasi atas pelajaran yg di berikan…..?

    Posted by romver | May 19, 2010, 6:05 pm
  89. saya sdg mnyusun tesis tp lg kebingungan mencari teori n kuisioner tentang gaya kepempinan situasional blanchard, motivasi herzberg, pelatihan dan kinerja. saya kesulitan mencari bahan2nya karena pembimbing saya menginginkan teori dari buku terbaru n pengarang dari luar atau min S3 (DR, Prof),mohon bantuannya saya dikasih waktu 1 minggu untuk perbaiakan. mohon dikirim ke email saya atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    Posted by sari | June 13, 2010, 10:53 am
  90. selamat malam dan salam sukses selalu….

    saya seorang leader marketing di suatu perusahaan, tiap hari saya harus memberikan motivasi kepada bawahaan saya… tolong dong kasi tips dan cara bagaimana karyawan bisa timbul semangat mereka untuk bekerja… terima kasih ” kalau bisa kirim ke email saya sjs ya…”

    Posted by dedi hartono | July 23, 2010, 2:21 pm
  91. motivasi kerja ini berlaku juga ga untuk karyawan di perusahaan nirlaba… mkasih dah bantu memberikan semangat…^_^

    Posted by nur komalasari | August 4, 2010, 2:17 am
  92. Info yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai “Produktifitas Karyawan” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Produktifitas Karyawan ?

    Posted by Rama Sejati | January 21, 2011, 7:05 am
  93. selamat malam dan terus sukses..
    ijin bergabung..
    bs minta bantuannya bwt referensi judul buku dan pengarang yang ad hub dengan faktor-faktor motivasi.. mksh.

    Posted by junjun junaedi | February 7, 2011, 1:32 pm
  94. Trima kasih sudah membagi ilmu pada kami. Jangan lupa kunjungi juga http://www.motivasiumat.blogspot.com dan tentunya jangan lupa ya klick salah satu iklan PPC nya selama 30 detik saja sebagai sumbangsih kelanjutan blog.

    Posted by Hendri Purnama | July 1, 2011, 2:43 am
  95. assalamualaikum, bagaimana cara mengatasi karyawan yg kurang kompak dalam bekerja dan kurang profesional dalam bekerja terima kasih sebelumnya.

    Posted by wan | December 31, 2011, 6:34 am
  96. terimakasih, tulisan anda ternyata hampir sama dengan tugas kuliah, saya jadikan referensi.

    Posted by anton hilman NPM 118334012 | February 20, 2012, 2:55 am
  97. http://www.rifkadejavu.com/index.php/2012/10/balada-meja-kerja/

    Bagaimana membangun kinerja kalau kondisinya seperti yg diatas mas…. :D

    Posted by dejavu1505 | October 31, 2012, 7:20 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Membangun Kinerja Karyawan | Himawan Sutanto - October 21, 2008

  2. Pingback: MEMBANGUN KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA KARYAWAN « THE MANAGEMENT LECTURE RESUME - May 7, 2010

  3. Pingback: 2010 in review « MEMBANGUN KINERJA STAFF - January 3, 2011

  4. Pingback: MEMBANGUN KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA KARYAWAN « Bambang Sugiyarso - February 24, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Selamat Datang. Anda adalah pengunjung ke:

  • 416,445

Temui Saya

Di Blogspot. Temui saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: