//
Ruang Pribadi

fotopribadi

Lahir di Pekalongan, tahun 1966. Berkeluarga, dengan seorang istri, Budi. Alhamdulillah dikaruniai Allah dua orang anak, Adi dan Bagas.
Sejak SD hingga SLTA lulus di Pekalongan. Menjalani bia siswa dengan ikatan dinas dari Departemen Kesehatan tahun 1986. Sejak 1987 bekerja di Kebumen di lingkungan Dinas Kesehatan Kab. Kebumen. Pada tahun 1996 menyelesaikan program sarjana FISIP.
Melalui ICDC Project-Dekes RI memperoleh biasiswa S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat di Magister Manajemen Kesehatan (MMPK-UGM) hingga selesai tahun 2001.
Sejak itu, mulai tertarik pada wilayah kajian pengembangan kinerja staff (Walah, sok ilmiah..). Bukan apa-apa, karena dalam dunia kerja, apa lagi kerja di kantoran, persoalan kinerja staff menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama.
Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangannya. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman. Amin

Discussion

23 thoughts on “Ruang Pribadi

  1. Rasanya nggak mudeng dengan tulisan-tulisannya. Trim smsnya. Ilmuku jauh di bawah. Jadi inilah sumber belajar yang tepat.

    Posted by Susan | May 26, 2007, 3:20 pm
  2. Akhirnya saya menemukan web untuk referensi manajemen. Terus gimana dong pak, biar lembaga-lembaga pelayanan kesehatan kaya puskesmas dapat meningkatkan kinerjanya.Maaf, bapak kan orang kesehatan? Trims

    Posted by Rino | May 28, 2007, 12:26 pm
  3. Pak,
    saya berencana mengambil tema ttg motivasi untuk skripsi manajemen SDM saya. Saya tuh sebenernya sama sekali gak punya pengalaman buat skripsi (dulu D3nya sekretari)…
    menurut bapak, mana yang lebih mudah dikaji ya pak, pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan atau pengaruh motivasi terhadap kepuasan karyawan yah?
    terima kasih atas saran bapak ya pak..

    salam, Rieza

    ps: kalau boleh gak usah dipost yah pak 🙂

    Posted by Rieza | August 23, 2007, 7:46 am
  4. pengen tau nih indikator ataupun faktor faktor kinerja karyawan beserta penjelasannya.

    trus hubungan pelaksanaan seleksi ( cara yang dipakai) seberapa besar mempengaruhi kinerja karyawan ataupun ada hubungan apa antara kedua variabel diatas
    tolong ya pak di respon pertanyaan saya

    Posted by marniadi | October 4, 2007, 6:26 pm
  5. Ass Pak..
    Saya Mhssw Psi semester VII..saat ini saya sedang membuat proposal skripsi mengenai kinerja PNS, apa aja ya pak faktor2 yang mempengaruhinya??apakah untuk mengukur kinerja, bisa hanya dengan menggunakan angket, tanpa perlu meminta dokumen dari perusahaan??? N sya minta referensi mengenai kinerja donk pa??
    terima kasih ya pak sebelumnya N harap segera direspon…
    wss..

    Posted by tuti | December 10, 2007, 3:48 am
  6. Thanks atas comment nya di web saya: http://www.riasaptarika.web.id

    Wassalam
    Ria

    Posted by Ria Saptarika | January 20, 2008, 8:25 am
  7. Ibu Ria terimakasih juga. Sudah berkenan merespon. Salam

    Posted by cokroaminoto | January 21, 2008, 6:32 am
  8. Hi Mas Cokroaminoto,
    Assalammu ‘alaikum ww.,
    Terima kasih atas masukan yang konstruktif dan bagus demikian juga terimakasih banyak telah membuatkan sy link/blogroll pada web anda….sy sangat senang….apa lagi web ada juga cukup banyak pengunjungnya.

    BTW: mhn maaf sy buka Ibu…tapi bapak-bapak lho…tulen..:-) ngak percaya coba lihat di sini http://www.flickr.com/photos/8278744@N04/496394552/
    ini agar lebih dekat lagi lho…kata pepatah melayu..Tak Kenal maka tak sayang.

    Saya undang ke japri email saya di atas untuk bincang2

    Demikian sampai jumpa.
    Thanks & Wassalam
    Ria

    Posted by ria saptarika | January 21, 2008, 10:01 am
  9. Waduh, nyuwun pangapunten Bapak. Demikian ungkapan jawa paling tepat untuk menyatakan permintaan maaf atas kekeliruan. Thank you for your aknowledgement.

    Posted by cokroaminoto | January 22, 2008, 7:06 am
  10. Ya Allah, ternyata saya salah sambung.

    Ternyata “Cokroaminoto” tuh Nama Seseorang yang Juragan Ilmu ini toh..?

    Ma’af selama ini kirain Nama sebuah SMU yang ada di Madiun,saya jadi malu nich dah terlanjur nanya2 yang bukan2 di Email.Sekali lagi ma’af dan terimakasih atas arahannya ke blog ini dan ini bisa jadi sarana tuk berdiskusi lebih lanjut,makasih.

    Posted by Djoko Winarno | February 13, 2008, 9:50 am
  11. Mas Djoko Winarno, terimakasih juga. Gak apa-apa. Ada tulisan saya di bawah kategori ‘gagasan’, sebagai respon atas komentar anda.
    Anak-anak juga sering ‘heboh’ jika lewat Jl. Cokroaminoto, atau di Universitas Cokroaminoto-Yogyakarta. Terimakasih sekali lagi atas kunjungannya.

    Posted by cokroaminoto | February 14, 2008, 3:22 pm
  12. maaf pak, mengganggu. gaji saya turun, tapi yang lain tetap. hanya saya dan teman ruangan saya yang gajinya turun. tapi ada sebagaian yang tidak. saya akan berbicara langsung kepada direktur saya, tetapi saya tidak bisa berbicara kepada direktur. mohon bapak bantu bagaimana cara berbicara. apa yang harus saya bicarakan. mohon bantu kata-kata yang bisa says bicarakan ke direktur saya. terimakasih

    Posted by Adi susanto | February 28, 2009, 9:09 am
  13. maaf pak, mengganggu. nama saya adi gaji saya turun, tapi yang lain tetap. hanya saya dan teman ruangan saya yang gajinya turun. tapi ada sebagaian yang tidak. saya akan berbicara langsung kepada direktur saya, tetapi saya tidak bisa berbicara kepada direktur. mohon bapak bantu bagaimana cara berbicara. apa yang harus saya bicarakan. mohon bantu kata-kata yang bisa says bicarakan ke direktur saya. terimakasih

    Posted by Adi susanto | February 28, 2009, 9:09 am
  14. Pak Cokroaminoto,

    Terimah kasih saya senang membaca artikel2 dari bapak yang sangat bermanfaat demi menambah ilmu saya bahkan dari artikel2 ini banyak hal yang saya bisa terapkan di dalam departemen/organisasi yang saya pimpin
    kebetulan saya baru beberapa bulan yg lalu diangkat menjadi kepala bagian satu departemen yaitu Asst. Manager Technical Department. Saya hanya lulusan STM dan kuliah teknik electro yg belum selsai. Memang begitu lama saya sampai pada posisi ini dan saya tekuni kerjaan atau bagian ini dari 15thn yang lalu di perusahan ini. Masih banyak hal yg harus saya pelajari terutama mengenai management . Saya mohon saran bapak mengenai bagaimana meningkatkan kinerja karyawan/teknisi yang akhir- akhir ini menurun bahkan respon sangat kurang ? bagaimana memotifasi mereka?

    Posted by Tommy | April 2, 2009, 4:00 am
    • Tommy, terimakasih. Selamat atas promosi dan jabatan yang baru untuk anda. Ketika seseorang masuk dalam jajaran struktural (Manager), sejak saat itu dihadapkan pada ketrampilan dasar seorang manajer, yauitu: berfikir kebijakan, membangun human relation dan menguasai kemampuan teknis.
      Saat ini yang anda kelola tidak lagi setingkat operasional, namun adalah orang-orang dalam departemen yang menggantungkan nasibnya diatas kepemimpinan anda. Bagaimana gaya kepemimpinan yang baik anda bisa baca tulisan saya disini. Yang kesemuanya itu untuk mewujudkan kepuasan karyawan dalam bekerja Jika hal-hal mendasar tersebut sudah tercapai maka apayang anda harapkan tentang kinerja staff yang tinggi dapat diwujudkan. Hingga twerbentuk budaya organisasi yang solid.

      Posted by cokroaminoto | April 7, 2009, 6:44 am
  15. malam pak…
    begini… saya sedang melakukan penelitian mengenai iklim komunikasi organisasi dengan performansi kerja di suatu instansi..
    tp hasil yang saya peroleh bhw tidak adanya hubungan diantara 2 varibel.. knp ya pak kok bs terjadi? makasiii pak..
    bls ke email bs tdk pak? mkshhh

    Posted by rindi allorerung | December 24, 2009, 4:20 pm
  16. Salam Kenal Mas, Blog yang menarik dan bermanfaat Mas Cokroaminoto, terima kasih berkenan mampir di blog saya. Keep Blogging and Keep Sharing 🙂

    Donny Oktavian Syah
    Blog Manuver Bisnis

    Posted by Donny Oktavian Syah | July 20, 2010, 4:07 am
  17. Pak Cokroaminoto…
    Saya Ahmad Royani, mohon izin share artikel-artikelnya…

    Posted by Ahmad Royani | April 18, 2012, 4:12 am
  18. Malam pak nama saya frisca,saya semester akhir di salah satu sekolah tinggi swasta dipalembang. Sekarang saya sedang menyusun skripsi berjudul “pendesainan sistem pengelolaan kinerja personel berbasis balanced scorecard”. Yang ingin saya tanyakan apakah bapak memiliki beberapa literatur mengenai definisi kinerja maupun definisi kinerja personel? Mohon bantuannya,trm ksh.

    Posted by Frisca nadya | November 8, 2012, 11:33 am
  19. Selamat siang mas, saya Yasir mahasiswa S2 UI sekarang sedang menyusun tesis dengan judul “faktor-faktor yang mempengaruhi mismatch keterampilan tenaga kerja dengan kebutuhan pasar kerja”. Berkenaan dengan tesis saya tersebut bisa minta tolong kalau ada referensi yang berkaitan dengan masalah tersebut. Terimakasih sebelumnya.

    Muhammad Yasir
    Mahasiswa s2 kependudukan dan ketenagakerjaan UI

    Posted by Muhammad Yasir | March 1, 2015, 7:17 am
  20. ass, pa bisa minta email bapak? atau baiknya gmn ya…saya sedang butuh bantuan untuk tesis saya tentang manajemen kinerja penyelenggaraan taman penitipan anak dalam meningkatkan mutu layanan anak usia dini…mohon bantuannya membuat kerangka berfikirnya…mksh

    Posted by sri wahyuni solihah | December 4, 2015, 7:37 pm
  21. Maaf ikut tanya. Minta tolong info software amos atau lisrel untuk analisis data. Kalau ada yg bermurah hati, yg free tapi bukan versi trial. Terima kasih sebelumnya.

    Posted by sonhaji | January 13, 2016, 1:58 am

Leave a comment

Selamat Datang. Anda adalah pengunjung ke:

  • 680,390

Temui Saya

Di Blogspot. Temui saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.