//
Gerbang Depan

Merenungkan dan menggagas pengembangan kinerja staff nampaknya sudah sangatlah urgent. Bukan apa-apa, karena dalam pekerjaan, apa lagi kerja di kantoran maupun dalam perusahaan, persoalan kinerja menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama.

Bagaimana tidak, maju-mundurnya sebuah kantor atau perusahaan bahkan organisasi berawal dari kinerja staff. Apalagi jika kita berkeinginan bahwa unit ini mengutamakan fokus pada pelayanan pelanggan. Maka prasyarat utama yang harus dibangun, adalah manajemen yang berorientasi pada staff! Karena dari tangan staff inilah, kepuasan pelanggan dibangun, citra perusahaan dipertaruhkan.

Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangan kinerja staff. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman.

Di Halaman Indeks blog ini anda dapat memperoleh daftar topik-topik diskusi. Anda dapat berpartisipasi dengan membuka dan memilih Topik Utama, dengan mengisikan komentar pada lembar leave a comment.

Discussion

98 thoughts on “Gerbang Depan

  1. pemberian imbalan hendaknya tidak sama rata saja tetapi harus ada kriteria yang pas

    Posted by abdul aziz | December 30, 2007, 12:45 pm
  2. Anda benar. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, ketika harus memberi imbalan, agar imbalan tersebut berdampak pada kinerja. Selengkapnya dapat dilihat dalam tulisan saya Beberapa catatan dalam pemberian imbalan.

    Posted by cokroaminoto | December 31, 2007, 8:51 am
  3. Ass…….,Bp saya Bibit,siswa STIKES GOMBONG,saya mau konsul proposal sy,sy bingung mnntukn metode pnelitian saya,jdl sy:Pengaruh Fungsi Keluarga Terhadap Perilaku Merokok Remaja.yang sy lhat pnltian Pengaruh kbnyakan eksperimen, sedangkan punya sy bkn eksprmen gmn pak, baiknya?bls y pak,..

    Posted by BIBITPRIYATIN | February 13, 2008, 6:16 am
  4. Bibit, terimakasih. Masalah jenis/metode penelitian tergantung dari masalah dan tujuan penelitian. Jika tujuan anda ingin mengetahui fungsi keluarga, maka penelitian deskriptif observasional sudah cukup. Atau anda menduga bahwa perilaku merokok tersebut berhubungan dengan fungsi2 keluarga. Yg demikian juga dapat dilkukan secara observasional.
    Selain itu, penetapan jenis penelitian, juga tergantung pada jenis data yang akan dikumpulkan. Kalau melihat judul proposalnya, menurut saya cukup diganti saja judulnya. Menjadi ‘Hubungan fungsi keluarga dengan perilku merokok pada remaja’. Kiranya demikian, jangan lupa konsulkan lagi dengan dosen pembimbing. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | February 13, 2008, 8:17 am
  5. Ass…… pak saya lilis mahasswa STIKES MUHGO tadi sy keDinKes menyerahkan surat SP tapi pak cokro lagi ke wonogiri. Trus saya titipkan pak eko. Topik proposal saya, tentang gangguan jiwa dimasyarakat. Terimakasih. Wass

    Posted by lilis trihardani | February 14, 2008, 6:52 am
  6. Ass…pak saya sutriyanto mahasiswa STIKES Muh Gombong.mau konsul. kemarin saya sudah ke dinkes tapi tidak ketemu sama bapak. judul penelitian saya adalah hubungan perilaku merokok dengan kecenderungan penggunaan narkoba, miras, dan kenakalan remaja. menurut bapak bagaimana judul saya ini. terus saya bingung dengan metode penelitiannya. baiknya bagaimana ya pak? mohon di jawab. sebelumnya terima kasih. wass…

    Posted by sutriyanto | February 16, 2008, 2:38 am
  7. ass. mr.cokroaminoto??!!!
    nama saya anggit saya mahasiswa semester 7 STIKES MuhGo.. skrg saya lagi nhrjain skripsi… pusing nich pak….. judul saya PENGARUH IKLAN SUSU FORMULA DI MEDIA TERHADAP PEMBERIAN ASI PADA IBU MENYUSUI…
    what about my skripsi?
    give me opinion…
    thanks 4 u atention..
    n please reply….
    wass….

    Posted by anggit badhe | February 16, 2008, 3:16 am
  8. Sutriyanto, terimakasih. Membaca rencana topik penelitian anda yg berjudul ‘hubungan perilaku merokok dengan kecenderungan penggunaan narkoba, miras, dan kenakalan remaja’. Menurut saya perlu diprtimbangkan lagi, bahwa: [1] mengukur kecenderungan perilaku itu banyak kendalanya, dalam hal alat ukurnya. [2] Penelitian harus berdasarkan masalah, artinya anda menemukan praktek penyalahgunaan narkoba harus merupakan fenomena yg problematik [3] Jika hal no. 2 memang menjadi masalah, harus diprtimbangkan penetapan responden dan metode pengumpulan datanya. Karena menyangkut hal normatif yang sensitif di masyarakat. Untuk itu, saran saya, untuk menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Metode pengumpulan datanya dapat menggunakan diskusi kelompok terarah [focused group discussion] atau wawancara mendalam [ln-depth interview]. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | February 16, 2008, 12:50 pm
  9. Anggit, melihat rencana penelitian anda dg judul PENGARUH IKLAN SUSU FORMULA DI MEDIA TERHADAP PEMBERIAN ASI PADA IBU MENYUSUI. Ada beberapa komentar saya hubungan kedua variabel tsb, terlalu jauh. Selain itu, banyak variabel luar yang harus dikendalikan. Alasannya, iklan itu merupakan satu dari sekian banyak lnformasi. Sedangkan informasi merupakan salah satu dari faktor sumber yang mempengaruhi pengetahuan. Nah, pengetahuan inilah merupakan salah satu dari faktor yg mempengaruhi perilaku kesehatan. Jika digambarkan dalam hubungan variabelnya, judul anda menjadi seperti ini: iklan- informasi-pengetahuan-perilaku. Untuk itu, saya sarankan untuk ambil variabel yang paling dekat dengan perillaku. Jika kita belajar dari teori perilaku, ada faktor yg mempengaruhi, yaitu pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Demikian, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | February 16, 2008, 1:10 pm
  10. ass….pak saya cahyo dari STIKES MUHGO, saya mau sharing tentang bab III, judul penelitian saya FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN HIPERTENSI ESENSIAL, saya bingung tentang cara pengumpulan datanya, instrumen penelitian, analisa data n menggunakan sampel apa? trim’s sebelumnya

    Posted by cahyo | February 18, 2008, 2:08 am
  11. ass… pak nama saya resti endah dari STIKES GOMBONG saya mau tanya.
    saya bingung pak soal surat dari dinkes di tujukan kepada kepala puskesmas gombong I, padahal penelitian saya tidak di puskesmas tetapi di masyarakat. judulnya yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk memilih berobat kepada perawat di wilayah kecamatan gombong. nah dari itu saya harus bagai mana pak.
    please kasih tanggapan ya pak.

    Posted by resti | February 18, 2008, 2:29 am
  12. Cahyo, terimakasih. Untuk menetapkan metodologi penelitiannya, hrs diketahui masalah dan tujuan penelitian; dan setelah diketahui bagaimana kerangka konsep penelitiannya, baru dapat ditentukan metodologinya. Dari rencana penelitian anda FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN HIPERTENSI ESENSIAL, banyak metode yg dapat digunakan untuk dilakukan, jika hanya berdasar pd judul tersebut. Anda sudah harus fokus sejak merumuskan masalah penelitian. Demikian Cahyo, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | February 18, 2008, 11:30 pm
  13. terima kasih atas masukannya pak. saya sedang mencari data tentang narkoba, miras, dan kenakalan remaja buat di latar belakang. besok kalo fenomenanya benar akan saya lanjutkan. tapi bagaimana jika pengumpulan datanya besok menggunakan quisioner? menurut bapak bagaimana? saya mohon bapak selalu membimbing saya dalam menyelesaikan skripsi. thanks.

    Posted by sutriyanto | February 19, 2008, 10:09 am
  14. mohon bantuan untuk buku referensi dengan judul skripsi:
    “PENGARUH BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN DI PLN APJ. GARUT”
    terima kasih

    Posted by rohmat kostaman | March 26, 2008, 1:16 am
  15. rohmat kostaman, buku referensi yg dapat anda gunakan untuk topik tsb sangatlah banyak. Buku/jurnal manajemen sumber daya manusia banyak membahas ini. Sempatkan juga mencari sumber-sumber online di internet via search engine, sperti yg saya sediakan di blogroll. Anda tinggal memasukkan kata kunci, misalnya: efektivitas kepemimpinan. Demikian, semoga bermanfaat

    Posted by cokroaminoto | March 27, 2008, 1:51 am
  16. Terimkasih sudah mampir ke Blogku, analisis itu spekulasi saya sendiri atas fakta pemilu tahun 2004, tulisan untuk calon lain sedang diproses, tentang Bibit saya belum menemukan sumber data yang valid, jadi belum bisa menganalisis lebih dalam, Blog sampeyan juga oke..saya masukkan ke blogroll saya..

    Posted by Mustolih Brs | April 25, 2008, 1:45 pm
  17. Terimakasih bung. Sudah berkenan untuk berkunjung, dan membuatkan link dlm blog anda. Semoga makin memperlancar komunikasi. Sekali lagi terima kasih.

    Posted by cokroaminoto | April 25, 2008, 2:39 pm
  18. selamat malam pak,
    saya sedang mengerjakan skripsi dengan judul ” faktor2 yang berhubungan dengan pengetahuan siswa sma tentang bahaya narkoba’ yang ingin saya tanyakan apa saja ng menjadi faktor tersebut/ terima kasih

    Posted by chuntari | April 26, 2008, 3:01 pm
  19. Chuntari, terimakasih. faktor-faktor yang berhubungan dengan pengetahuan mengikuti teori perilaku. Berhubungan dengan faktor pendidikan, pengalaman dan informasi. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | April 26, 2008, 11:26 pm
  20. Pak cokro, saya sedang membuat skripsi tentang “fasilitas kerja yang mempengaruhi produktivitas keja karyawan PT …..(bergerak di bidang pelayanan jasa)”. untuk indikator produktivitas, saya sudah dapat. tetapi untuk indikator fasilitas kerja saya mengalami kesulitan. mohon bapak kiranya dapat membantu saya, atau memberikan referensi buku mengenai indikator fasilitas. terima kasih banyak, semoga Tuihan membalas kebaikan bapak……

    Posted by Dicky | May 6, 2008, 2:13 pm
  21. Dicky, terimakasih. Fasilitas secara kamus berarti kemudahan. Maknanya lebih luas, dari sekedar sarana dan prasarana kerja, seperti yang sebagian orang mengartikan. Tetapi jika yg anda maksudkan adalah sarana dan prasarana kerja, paling tidak ada 4 indikator untuk menilainya. Indikator tsb, meliputi aspek ketersediaan (ada atau tidak), kecukupan (tersedia cukup atau tidak), kondisi (baik atau rusak) dan aspek kemampuan karyawan untuk menggunakan.
    Dicky, untuk mengetahui standard sarana dan prasarana kerja karyawan, anda harus mengetahui dulu standard kerja atau uraian kerjanya. Setelah itu, baru dilakukan standarisasi sarana. Setelah itu, penelitian anda melihat keempat aspek tadi. Hasilnya masing2 indikator tadi dilakukan uji stastik terhadap variabel produktivitas.
    Demikian, semoga bermanfaat. Salam

    Posted by cokroaminoto | May 7, 2008, 4:09 am
  22. Assalamu’alaikum pak.
    Yang jadi polemik di masy saat ini adalah kerja sistem kontrak, outsorching, bahkan pkerja harian yang membuat orang kurang semangat kerja. Banyak pekerja misal buruh pabrik, sudah bekerja bertahun-tahu tanpa absen bahkan bisa di bilang prestasi kerja bagus, tapi malah di putus kontrak begitu saja. Dan saya berpendapat begini, sebuah perusahaan yg suka sekali mengganti karyawan (lama diganti baru), kualitas dari produk biasanya akan turun , dan dalam jangka waktu yg tdk lama maka, prshaan tsb bisa gulung tikar, ternyata prediksi saya benar.
    Mereka tidak mau rugi dengan menggaji pegawai yang tiap thnya harus di beri bonus, bahkan UMR yang makin naik. Mereka merekrut karyawan baru yg bisa d bayar dg harga murah, tetapi kualitas barang jadi kurang bagus, shg suatu prshaan bisa rugi. Mereka tidk memikirkan jangka panjang perusahaan tsb. OK-lah jika mereka yang merekrut bisa melihat kemampuan yg dimilki pekerja baru. Yang saya tanyakan sebenarnya apa sih tujuan mereka melakukan hal spt itu (ganti2 krywn) toh efeknya kurang begitu bagus?

    Posted by atik | May 24, 2008, 12:12 pm
  23. Atik, terimakasih. Seperti Yang anda tanyakan, sebenarnya apa sih tujuan perusahaan melakukan ganti2 krywn, meskipun dg efek yg kurang baik.
    Sebenarnya ini sebuah perbedaan paradigma, sekaligus kesalahan memandang karyawan. Di negara2 maju, karyawan dipandang sbg asset investasi, bukan dipandang sebagai alat perusahaan semata.

    Posted by cokroaminoto | May 25, 2008, 1:37 pm
  24. assalamu’alaikum wr.wb
    saya mahasiswa STIKES MUHGO…….
    setiap orang bisa jadi pemimpin tapi tak setiap orang bisa memimpin,tidak jarang seorang pemimpin dimanfaatkan oleh bawahannya.Sungguh sangat ironis……….padahal kita tercipta untuk menjadi seorang khalifah.seorang pemimpin yang baik harus cerdas,mampu berkomunikasi dengan efektif,mempunyai ide-ide baru,mampu mengendalikan diri dan orang lain.
    Terimakasih………..
    wassalamu’alaikum wr.wb

    Posted by ninik dewi f | May 31, 2008, 12:42 am
  25. assalamu’alaikum wr.wb
    saya mahasiswa STIKES MUHGO…….
    pemimpin adalah keteladanan

    Posted by ragil | May 31, 2008, 12:45 am
  26. pemimpin itu adalah kepala yang bisa memimpin suatu jalannya paradigma yang mengatur jaringan-jaringan dan bersifat tegas dalam menghadapi masalah apa pun dengan sendirinya.

    Posted by rido_gunawan | May 31, 2008, 12:58 am
  27. Ass. Pak, menurut saya Pemimpin itu adalah seseorang yang harus mempunyai jiwa solidaritas yang tinggi pada anak buahnya, tidak egois, sombong, mempunyai karisma yang tinggi supaya dapat dijadikan contoh bagi anak buahnya, dan terpenting adalah pemimpin harus bisa merakyat. karena pemimpin itu berasal dari rakyat, dipilih rakyat dan bekerja untuk rakyat. terima kasih pak itu yang dapat saya sampaikan. wss.

    Posted by anggyta PANGGIH wisnu aji STIKES MUH GOMBONG 2A | May 31, 2008, 1:37 am
  28. ASS.PAK ,menurut saya pemimpin merupakan seseorang yang dapat menjadi suri teladan bagi semuanya,dan mempunyai jiwa yang besar…..wslm.

    Posted by NUR KUATI | May 31, 2008, 1:51 am
  29. assalamu’alaikum….
    saya mahasiswi “STIKES MUHGO” 2a
    kalau menurut saya seorang pemimpin itu adl seorang yg bisa mengayomi,merangkul bawahannya karena dlm menjalankan tugas itu seseorang tdk dpat menjalankan tugas dengan sendiri atau kata laenny ada saat-saatnya orang itu membutuhkan bantuan orang laen,selain itu pemimpin haruslah mempunyai tenggang rasa yg tinggi,solidaritas & Merakyat karena tanpa dukungan dari kita-kita belum tentu dia menjadi pemimpin.jadi kita harus bersama-sama untuk mencapai 7an.terimakasih mungkin hanya itu saja yg dpt saya sampaikan pa cokro…^_^

    Posted by 3na kurnaesih | May 31, 2008, 1:57 am
  30. ass..pak,pemimpin adalah orang yang berjiwa mulia sehingga dapat dipercaya semua orang….wslm.

    Posted by yenny anggaeni | May 31, 2008, 1:57 am
  31. Ass…………….
    seorang pemimpin itu adalah seorang panutan jadi pemimpin itu harus mempunyai sikap teladan dan yang pasti mempunyai tanggungjawab yang penuh terhadap kepemimpinannya.
    dan pemimpin itu bukan berarti penguasa, pemimpin adalah seorang yang mampu memberi contoh bukan seorang yang mengatur seenaknya atau diktator……………………………
    by didi stikes

    Posted by didi stikes | May 31, 2008, 2:05 am
  32. ass…pemimpin adalah seseorang yang punya kelebihan dari orang lain baik klbhan ilmu atau yg lain.tidak membedakan orang dr segi manapun. dan yg psti mempunyai kharisma……wslm

    Posted by yanuar ms | May 31, 2008, 2:18 am
  33. Ninik, Ragil, Rido, Anggita, Nur Kuati, 3na, Yeni, Didi, Yanuar, Era, terimakasih komentar2 anda.
    Dalam berbagai dimensinya seorang pemimpin dihadapkan pd banyak persoalan. Topik kita berikutnya yg akan kita bahas, bgm kemampuan pemimpin, hal2 apa sj yg musti dia kerjakan, serta berbagai pendekatan mengatasi masalah yg dpt ditempuh. Wassalam.

    Posted by cokroaminoto | May 31, 2008, 5:25 pm
  34. Assalamu’alaikum…..
    Pa Cokro yang baik hati yang kelihatannya galak tapi lucunya ga karuan.., menurut saya seorang pemimpin itu seperti seorang kepala keluarga yang harus dapat menjadi imam dan suri tauladan bagi para pengikutnya. Dia harus dapat menjalankan tugas dan amanat yang diberikan kepadanya. amien…..
    Wassalamu’alaikum……

    Posted by puji restiani (D3 STIKES MUGO ) | June 2, 2008, 1:56 am
  35. ass..sugeng enjang pak cokro yang rendah hati..m,f y pak saya baru bisa kirim tgas yang bpk berikan.menurut saya pemimpin itu adalah orang yang bisa mengkoordinir ssesutu.seorang pemmpin harus memiliki intelegensi yang tinggi,kecerdasan emosi dan memiliki god spot dalam berfikir.maka akan tercipta suasana yang kondusif dalam suatu manajemen.cekap semanten pak dosen.menawi wonten lepate nyuwun agunging sih samudra
    pangaksami’
    wasslm

    Posted by sri setiyowati(D3 STIKES MUGO ) | June 2, 2008, 2:07 am
  36. Assalamualaikum……..maaf pak Cokro sy baru bisa ngrjain tugas bapak,menurut saya Pemimpin adalah orang yang memiliki sifat tanggung jawab yang besar,adil,open terhadap semua anggotanya,dan dapat mengambil keputusan yang bijaksana. Wassalam….

    Posted by tika meriyanti | June 2, 2008, 7:26 am
  37. ass. Pak apa kabar? lagi ngapain nih? udah solat belum?
    gini pak, saya mau komentar. Pemimpin itu kan harus mempunyai suatu sistem kerja yang baik untuk mengatur anakbuahnya. tapi apakah semua anak bauh itu harus melaksanaakan perintah seorang pemimpin????
    yang jelas pemimpin itu harus tut wuri handayani tapi jangan cuma ngomong doang dan ngetutin anak buah dibelakangnya.
    menurut Bapak apakah pemimpin di negeri ini sudah memenuhi kriteria seorang pemimpin yang ideal????????????????????????????????????????????
    wass.

    Posted by akhmad soim h STIKES | June 3, 2008, 6:52 am
  38. ass. slam sejahtera pak.
    pertama tama saya ingin mengenalkan diri nama saya Ambar Fitriani. saya kuliah di stikes muh gombong.
    komentar saya yang masih muda tentang PEMIMPIN ialah :
    seseorang yng mempunyai kelibihan2x dari orang yang dipimpinnya untuk memimpin seseorang/kelompok dalam mencapai tujuan bersama. dan tentunya pak, harus bisa merakyat. wass

    Posted by ambar fitriani STIKES | June 3, 2008, 7:00 am
  39. Puji, Sri Setyowati, Tika, Soim, Ambar, Terimakasih atas komentarnya.

    Posted by cokroaminoto | June 3, 2008, 2:24 pm
  40. Assalamu’alaikum wr.wb
    saya mahasiswi STIKES MUHGO.menurut saya, kepemimpinan merupakan suatu proses mempengaruhi atau menggerakan bawahan agar mau melaksanakan apa yang diinginkan sesuai dengan tujuan yang sudah di rencanakan. juga untuk memperbaiki kelompok dan budaya yang kurang baik dalam suatu organisasi.Seorang pemimpin harus bisa memainkan perannya dan harus memiliki kriteria yang lebih dari bawahannya serta mempunyai kewibawaan.Seorang pemimpin juga harus mempunyai aspek komunikasi dan arahan keseluruh anggotanya.Seorang pemimpin harus memiliki berbagai macam gaya untuk menghadapi segala keadaan.
    saya ingin menanyakan, bagaimana cara memilih pemimpin seperti yang diharapkan itu??misalnya untuk memilih calon gubernur atau yang lainnya.biasanya kan dalam kampanye mereka selalu menyerukan visi misinya.tapi setelah jadi mereka tidak melakukan tugasnya sesuai dengan yang di ucapkan.terimakasih.wassalamu’alaikum wr.wb

    Posted by siti saniatun latifah | June 6, 2008, 9:24 am
  41. Siti, terimakasih komentarnya. Masalah memilih pemimpin, memang sulit. Paradigmanya sudah berbeda. Tetapi, tetaplah masih ada cara yg dapat bisa kita jadikan pedoman. Calon pemimpin mana yang menggunakan cara-cara dalam kampanyenya, menggunakan teknik yang relatif ‘bersih’ itulah indikasi calon pemimpin yang baik. Yang demikian itu, mencerminkan niat baik seorang pemimpin.

    Posted by cokroaminoto | June 6, 2008, 12:50 pm
  42. Selamat Siang pak
    Saya mahasiswa psikolgi ingin melakukan penelitian tugas akhir dan tertarik dengan tema outsourcing, mohon bantuannya apakah bpk punya ide gak? penelitian apa yang bagus untuk diteliti berkaitan dengan outsourcing dan psikologi tapi metode penelitian yang digunakan saya juga tertarik dengan penelitian kualitatif. Terimakasih sebelumnya atas bantuan Bapak.

    Posted by Rere | June 9, 2008, 5:28 am
  43. Rere, terimakasih. Akhir2 ini sedang berkembang tema outsourching dlm perusahaan. Utk penelitian, tidak ada masalah. Untuk topik SDM, sy kira masih menarik. Apalagi menyangkut bidang ilmu psikologi, dan baik dilakukan dg penelitian kualitatif-eksploratif.

    Posted by cokroaminoto | June 9, 2008, 6:10 am
  44. siang pak
    saya mahasiswa, ingin melakukan penelitian tugas akhir,dan saya mengambil judul Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Kerja pada PT X,mohon bantuan bapak untuk memberikan artikel-artikel atau makalh-makalah mengenai judul yang saya ambil tersebut,pendahuluan-pendahuluan apa yang sekiranya baik yang harus saya ajukan.Terima kasih atas bantuan bapak.

    Posted by devi | June 10, 2008, 5:55 am
  45. Ass…..
    Pak menurut saya kepemimpinan adalah seseorang yang mampu memimpin dalam suatu organisasi dan dapat menjadi contoh/teladan bagi para bawahannya sehingga dapat mencapai tujuan bersama.
    wall…

    Posted by Nurlaili (STIKES DIII KEP) 2B | June 18, 2008, 3:44 am
  46. NURHIDAYATUN STIKES MUH GOM
    Ass pak…………………………..?maaf y pak saya baru ngirim email,
    menurut saya pemimpin adalah seorang yang mempuyai jiwa kepemimpinan adalah seorang yang mampu mengendalikan diri y sendiri dan orang lain.seorang pemimpin juga harus bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.tapi pak …….banyak pemimpin yang merasa bahwa diri y menguasai dan sombong!!!!!!!padahal itu bukan jiwa seorang pemimpin.
    mungkin itu saja pak kalau ada salah saya minta maaf.thank
    wass…………..

    Posted by nurhidayatun | June 18, 2008, 3:46 am
  47. Ass…..
    Saya mahasiswa “STIKES MUHGO” menurut saya kepemimpinan adalah seseorang yang dapat memipin dalam lembaga organisasi yang dikelolahnya n pemimpin sebaiknya mempunyai sifat yang jujur dan adil.
    Wall………….terima kasih

    Posted by kustini 2B Nur laili (STIK ES | June 18, 2008, 3:55 am
  48. Ass,
    siang pak saya mahasiswa stikes muhgo saya akan mencoba berkomentar tentang pemimpin. menurut saya pemimpin adalah seseorang yang di beri amanah oleh para anggotanya untuk mengatur / memenejemen anggotanya demi kelanjutan dan kemajuan organisasi. seorang pemimpin sebaiknya mengayomi,adil,pada anggotanya tidak mencapur adukkan urusan keluarga atau pribadi dengan urusan lembaga yang di pimpinya. karena yang saya lihat sekarang ini banyak orang yang menjadi pemimpin untuk memperkaya diri sendiri (keluarga) sementara para anggotanya banyak yang menderita. padahal tanpa adanya kerja sama yang baik dari semuanya ga akan maju organisasi tersebut.karena terjadi kecemburuan sosial antara anggota dengan pemimpin.sekian dulu komentar dari saya kayaknya ga ada manusia yang sempurna apalagi kalo sudah jadi pemimpin

    Posted by Mussarofah (2B) D3 kep | June 18, 2008, 4:21 am
  49. Nurlaili, nurhidayatun,
    kustini 2B Nur laili, Mussarofah, terimakasih atas komentar2 anda.

    Posted by cokroaminoto | June 19, 2008, 1:31 pm
  50. Devi, terimakasih. Untuk topik penelitian “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Kerja pada PT X”, lebih banyak ke pembahasan motivasi. Untuk tulisan anda bisa baca di kategori Referensi ttg motivasi karyawan.
    Untuk mengawali menulis, sesuai tema anda, mulailah dari masalah motivasi dan motivasi kerja pegawai. Motivasi kerja pegawai, salah satu faktornya adalah kecerdasan emosi dan seterusnya. Jangan lupa dg didukung data hasil penelitian2 atau kasus. Dan perlu dinyatakan pentingnya motivasi kerja, dan apa risikonya jika tidak diatasi.
    Demikian Devi, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | June 19, 2008, 1:55 pm
  51. assalamu”alaikum………siang pak,berhubung dengan tugas yang bapak berikan, disini saya akan berkomentar sedikit tentang kepemimpinan. menurut sya pemimpin adallah seseorang yang diberi kepercayaan untuk menjalankan tugas,mengatur dan menata tiap tindakan/usaha dalam kerja untuk mencapai kemajuan dalam suatu parusahaan/organisasi.dan diharapkan suatu pemimpin mempunyai jiwa adil,jujur,mamu memberi semangat bagi anggotanya dan memajukan kinerja anggota dan perusahaan yang dipimpinnya………..gitu aja mungkin pak gugup mau istirahat….wassalam.

    Posted by rini herlina | June 23, 2008, 4:25 am
  52. ASS. Bpk… menurut saya pemimpin to adalah sosok orang yang mempunyai jiwa amanah dan bisa menjadi suri tauladan buat anak buahna. seorang pemimpin juga harus bisa menempatkan diri pada smua posisi, dan bertanggung jawab buat pa yang tlah dilakukana.

    Posted by yogi wismandani | June 23, 2008, 6:33 am
  53. ass,,,pemimpin adalah orang ya bisa mengatur banyak hal,,dan tidak meyusahkan orang lain…..

    Posted by afri wibowo | June 23, 2008, 8:03 am
  54. ass……………………………………………………..
    pa pemimpin itu harus peduli pada apa yng dipimpin jadi saya sertuju dengan gaya kepemimpinan yang di sampaikan terus maju

    Posted by dewi siti farizah | June 23, 2008, 8:07 am
  55. ass…………….
    kepemimpinan adalah seorang yang memimpin suatu lembaga organisasi yang mempunyai jiwa kepemimpinan tanpa merugikan orang lain.pemimpin harus tegas,disiplin,sabar,bijaksana,dan bertanggung jawab atas semua apa yang dilakukan dan dilaksanakan.
    wass………..thank

    Posted by siti nurjanah | June 23, 2008, 8:11 am
  56. Ass…..kum.
    slm sejahtera Bpk.Cokro yg terhormat….
    menureut saya,pemimpin itu bukanlah org yg hanya punya kemampuan memimpin,tp…… pemimpin jg hrs mau/bersedia utk dipimpin,,,…. artinya,seorang pemimpin hrs mndengarkan n mmprhatikan kondisi bawahan/anak buahnya. pemimpin tdk hanya punya wewenang memberi instruksi,hrs adil n bijak dlm mengambil setiap keputusan……….
    n yg terpenting,tdk berjiwa KKN.
    trmksh,wassalam……….

    Posted by ti2en s | June 23, 2008, 8:21 am
  57. assalamualaikum Wr.Wb
    sebagai seorang pemimpin disamping mempunyai kecerdasan intelektual juga harus memiliki kecerdasan emosional dalam melaksanakan tugasnya dalam berwirausaha dan berorganisasi.

    Posted by linda restu praktika | June 23, 2008, 8:36 am
  58. ass
    Seorang pemimpin ngga ada yang sempurna dan lebih baik,dalam memimpin karena kebanyakan, tidak ada yang jujur dalam memimpin ,setau saya malah pemimpin itu selalu memperalat bawahannya…mungkin karena diatas jadi sombong.Katanya seorang pemimpin itu bijak tapi kok kebanyakan tidak,kenapa???
    Terima kasih

    Posted by widayanti stikes muh gombong | June 24, 2008, 7:51 am
  59. Ass…..
    Seorang pemimpin harus bijaksana,jujur dan adil dalam melakukan suatu kegiatan.Jangan sampai mempunyai hati sombong karena akan menjatuhkan image sendiri dan tentunya merugikan diri sendiri……….???????

    Terima kasih….

    Posted by Nazirotul.Mukaromah stikes muh gombong | June 24, 2008, 7:58 am
  60. ass..
    menurut saya seorang dikatakan pemimpin adalah orang yang bisa memimpin dirinya sendiri dan bisa memenejem dirinya sendiri sehingga ketika dia menjadi pemimpin yang sesungguhnya di bisa memanfaatkan waktu yang ada. bagaimana mungkin dia bisa dikatakan peminpin jika meminpin diri sendiri saja ga bisa.

    Posted by soleh 2b d3 kep | June 25, 2008, 3:15 am
  61. assalamu’alaikum pak cokro aminoto
    ne gajine ageng nggih kerjane semangat pa
    biosone tiyang niku ne kerja geh semangat nek timbal balike semangat jugaaaa….
    tapi……..
    mugi-mugi pa cokro mboten kados niku lahh….
    lillahita’ala gih pak……
    niati ngibadah pak……
    “some take mising”
    to continued
    wassalam

    Posted by eka vitriani | June 25, 2008, 7:53 am
  62. Assalamu’alaikum………
    saya akan berkomentar tentang pemimpin itu adalah seseorang yang menjadi panutan dalam setiap kegiatan untuk mengatur jalannya kegiatan dan ikut serta berperan dalam kegiatan tersebut, harus bijaksana terhadap anak buahnya.
    Wassalamu’alaikum…..

    Posted by UMIYATUN | June 26, 2008, 2:44 am
  63. Umiyatun, Eka Vitri, Soleh, Nazirotul, Widayanti, Linda, Ti2en, Siti Nurjanah, Dewi Siti Farizah, Afri Wibowo, Yogi W., Rini Herlina, terimakasih atas komentarnya.
    Maaf terlambat meresponnya. Barusaja offroad.

    Posted by cokroaminoto | June 26, 2008, 5:22 am
  64. ass wr wb

    “Kalau menurut saya ya pak,,,,,,
    seseorang dikatakan pemimpin ya kalau orang tersebut bisa mengatur diri sendiri dan anak buahnya sesuai dengan rencana dan tujuan yang sebelumnya diinginkan,dan ternyata tujuan itu tercapai dengan sempurna itulah pemimpin yang bisa diandalkan.karena jiwa pemimpin adalah jiwanya orang yang bisa mengatur karena kata salah satu dosen stikes juga bil jiwa pemimpin itu sukanya dengan bentuk2 seperti segi tiga????

    katanya sie???????

    `karena salah satu jiwa pemimpin yaitu bisa memojokkan suatu masalah dengan alasan2 tertentu,,,,,

    seperti suatu bentuk segi tiga tersebut

    karena bentuk segi tiga adalah yang paling sedikit sudutnya,,,,,,,

    apa iya sie pak????????

    Maturnuwun dan terima kasih

    NB : sorry bgt ya pak sengaja telat khan biar tmn2 nggak ada yang ikut2an sama…..

    biasa kreasi sendiri……..

    Wass wr wb

    Posted by Akhyan Mujnazi Attabi | June 27, 2008, 3:17 am
  65. Menurut saya pemimpin adalah seseorang individu yang memiliki kelebihan tertentu sehingga ia mampu mempengaruhi orang lain dan yang diajak dengan sendirinya mau ikut untuk bekerjasama melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.Seorang pemimpin haruslah bijaksana,adil,dan menghormati bawahannya.

    Posted by Ruty kurniasih | June 29, 2008, 10:15 am
  66. Ass…………..
    kula nuwun,kawulo fauzi kelas IIA DIII Keperawatan pak saking STIKES GOMBONG,ngapunten kawulo nembe kirim serat kangge tugas.
    Ingkang kawulo ngertos sekedik bab pemimpin meniko,tiyang ingkang saged mimpin,mimpin awake piyambak ugi tiyang sanes.pemimpin ugi kedah saged ngontrol awak piyambak,tiyang sanes lan badan ingkang di pimpin,saghed maringi contoh ingkang leres,saged maringi dorongan,lan saged nengahi masalah lan maringi jalan tengah.kados bpk KI Hajar Dewantoro sanjang.Ing ngarso sung tulodho,ing madyo mangun karso,tut wuri handayani.nanging pemimpin ugi kedhah kagungan sifat disiplin,tegas,jujur,saged di ndelaken(andalkan)ngandap,asor,ngagungaken tiyang sanes,nrimo ing pandum,nrimo nopo ingkang di raos,ikhlas lilahi taala,sabar,adil.mboten always mikiraken kepentingan pribadi,but kepentingan bersama ugi.pemimpin ugi mboten mimpin tok,nanging kedah purun dipimpin,purun mirengaken pendapat saking tiyang sanes,seneng mnginstropeksi diri,saged ngevaluasi sedoyo mawon ingkang wonten hubungane kalih sistem pamimpin,lan lembaga.saged mbuka lan mbekto prinsip utawi visi lan misi dhumugi terwujud.nglembah manah.sak sanesipun pemimpin nggih teladan,teladan kangge awak piyambak lan tiyang sanes.Pemimpin inggih meniko TELADAN.meniko pak pendapat saking kulo onten kalepatan lan klenta klentunipun kulo.kulo nyuwun agunging pangaksami.wass.

    Posted by Fauzi Nur Cahyo | July 2, 2008, 2:52 am
  67. Ruty kurniasih, Fauzi Nur Cahyo, terimakasih atas komentarnya. Kasinggihan mas.

    Posted by cokroaminoto | July 2, 2008, 5:13 am
  68. Ass………
    Pak Cokro yang terhormat dan selalu menasihati kami dalam hal kebaikan,maaf y baru berkomentar sekarang.Menurut saya seorang pemimpin adalah; seorang yang kuat,dia mempunyai sifat-sifat sebagai seorang pemimpin dan selalu berusaha agar mampu mengubah apa yang dipimpinya menjadi lebih baik,dia menerima segala kritikan untuk memperbaiki dirinya dan untuk membuatnya lebih maju,dia selalu optimis.Dan yang terpenting, dia selalu berprinsip apa yang dikerjakannya dan apa yang akan dicapainya nanti adalah semata untuk mencapai ridhoNya ‘ALLAH’.Kayak gitchu pak pemimpin menurut saya,apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih,Wasalam.

    Posted by Siti nurhidayati | July 10, 2008, 10:05 am
  69. Siti Nurhayati, terimakasih komentarnya. Semoga anda termasuk orang yang ada di dalamnya

    Posted by cokroaminoto | July 11, 2008, 9:59 am
  70. ass. pak saya mau ambil S2 judul yang ingin saya teliti mengenai kinerja pegawai di lingkungan pemerintahan.
    mohon saran dan masukan.

    Posted by bimo | July 24, 2008, 1:02 pm
  71. Bimo, terimakasih. Utk topik kinerja pegawai masih aktual. Tinggal sesuaikan dg kebutuhan pnelitian anda. Diawali dr fenomena problematik yg Bimo temukan di lokasi.
    Demikian semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | July 24, 2008, 3:38 pm
  72. Sebelum bahasan lebih jauh, bisa coba paparkan terlebih dahulu standardisasi apa yang digunakan sebagai acuan atau tolak ukuran untuk menetapkan sebuah kinerja pegawai yang dicita-citakan?

    Posted by Abi Bakar | July 31, 2008, 4:05 pm
  73. Abi Bakar, terimakasih telah berkenan memberikan masukan. Begini Abi, standar kinerja masing2 organisasi atau perusahaan berbeda-beda. Ada yg sdh dirumuskan sebagai standard kinerja, atau belum.
    Dalam konteks manajemen, dipelajari ada beberapa faktor yg memungkinkan sebuah organization itu dapat mencapai tingkat kinerja yg baik.
    Demikian Abi, untuk komentar berikutnya, saya tunggu.

    Posted by cokroaminoto | August 1, 2008, 1:49 pm
  74. ass, pak, apa kabar?
    kok blognya masih kosong?

    Posted by Ragil Pambudi | August 9, 2008, 1:00 am
  75. Salam kenal mas. Terima kasih untuk mampir di situsku.
    Wassalam.

    Posted by sofhaljamil | August 13, 2008, 5:43 am
  76. http://sofhaljamil.com/
    terimakasih kunjungannya.

    Posted by cokroaminoto | August 13, 2008, 3:14 pm
  77. asslm…….
    sdh sejak dulu sya tertarik untuk bisa menghasilkan uang lwt mdia internet. akan tetapi sya takut untuk memulainya, krena sy mrasa kemampuan sy sangat kurang dlam bidang komputer, sy berpkir harus mhir komptr dlu bru memulai keinginan sy, tp smp sat ini pengetahuan sy msh dangkal tentang komp. menurut bpk sy harus bgaimana & harus memulai darimana??? apa sj yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari media ini??? mhon bantuannya
    terimakasih

    Posted by pramita (kebid stikes muh go) | September 19, 2008, 3:47 pm
  78. pramita, terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.
    Anda bisa mulai dari mengunjungi link internet marketing di menu blogroll website ini.
    Demikian, semoga bermanfaat

    Posted by cokroaminoto | September 19, 2008, 4:14 pm
  79. assalamu’alaikum pak cokro…

    sebelumnya salam kenal,
    n’ terima kasih atas artikel2x yang bapak muat di wordpress.com ini.
    Oh iya, saya selalu mengikuti semua tulisan yang bapak buat.
    Dan sekarang saya mau mencoba menulis sebuah tesis mengenai :
    PENGARUH MUTASI KERJA/ ROTASI KERJA THD PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN.

    akan tetapi, sedikit sekali yang memuat mengenai mutasi atau rotasi kerja.
    dan seberapa besar/ erat kaitannya antara mutasi dengan kinerja karyawan ?
    karena, setahu saya beberapa perusahaan yang mengalami penurunan krisis kinerja, sebelum kita memutuskan untuk cut-off, salah satu jalan pintas adalah melakukan mutasi besar-besaran.

    Mohon bantuannya mengenai tesis saya itu pak.
    terima kasih banyak sebelumnya atas bantuannya,.

    hormat saya,

    Muhlisin

    wassalamu’alaikum wr.wb.

    Posted by Muhlisin | October 7, 2008, 8:24 am
  80. Muhlisin, terimakasih. Anda dapat mulai dari permasalahan di perusahaan itu. Sampai anda menemukan fenomena problematik, sehingga dapat dirumuskan masalah penelitian. Sebagai bahan menetapkan tujuan.
    Mengenai seberapa besar hubungannya? itulah yg akan anda buktikan melalui penelitian anda.

    Posted by cokroaminoto | October 9, 2008, 3:53 pm
  81. Saya tertarik sekali dengan artikel anda ini, bolehkah saya meminta info lebih lanjut tentang buku referensi khususnya kinerja staf, karena saat ini saya sedang menyusun skripsi, mungkin judul buku yang bagus sebagai penunjang skripsi saya.
    Terima kasih.
    Heni

    Posted by Heni | October 13, 2008, 9:47 am
  82. Heni, terimakasih. Untuk sumber bacaan online ttg kinerja, anda dpt klik menu blogroll.

    Posted by cokroaminoto | October 20, 2008, 9:57 pm
  83. aq lagi skripsi nih ,judul skripsi aq pengaruh gaya komunikasi pimpinan x terhadap motivasi kerja karyawan.buku referensi motivasi kerja karyawan

    Posted by eq | November 5, 2008, 3:14 am
  84. Ass.Wr.Wb.

    Could you please help me out with these questions:

    1. What is talent management and why is it necessary for many organizations worldwide to engage in it?
    2. What can HRD practitioners do to help organizations manage the talent within them?
    3. How do they put these strategies into action?
    4. What are the consequences for organizations that fail to manage their talent adequately?

    Thank you, really appreciate it..
    Wassalam

    Posted by adam | November 9, 2008, 7:48 pm
  85. Eq, untuk topik meningkatkan kinerja karyawan banyak di bahas dalam buku-buku MSDM. Untuk sumber online berbahasa indonesia dapat via google klik disini.

    Posted by cokroaminoto | November 12, 2008, 2:22 am
  86. Thank you Adam for your coming back. Talent management considered The Wikipedia refers to the process of developing and integrating new workers, developing and keeping current workers and attracting highly skilled workers to work for your company. Talent management in this context does not refer to the management of entertainers. The term was coined by David Watkins of Softscape published in an article in 1998.

    Talent management is a process that emerged in the 1990s and continues to be adopted, as more companies come to realize that their employees’ talents and skills drive their business success. These companies develop plans and processes to track and manage their employee talent, including the following:

    * Attracting and recruiting qualified candidates with competitive backgrounds
    * Managing and defining competitive salaries
    * Training and development opportunities
    * Performance management processes
    * Retention programs
    * Promotion and transitioning

    Talent management is also known as HCM (Human Capital Management), HRIS (HR Information Systems) or HRMS (HR Management Systems), and HR Modules.

    Companies that are engaged in talent management (human capital management) are strategic and deliberate in how they source, attract, select, train, develop, retain, promote, and move employees through the organization. This term also incorporates how companies drive performance at the individual level (performance management).

    The term talent management means different things to different people. To some it is about the management of high-worth individuals or “the talented” whilst to others it is about how talent is managed generally – i.e. on the assumption that all people have talent which should be identified and liberated.

    This term is usually associated with competency-based human resource management practices. Talent management decisions are often driven by a set of organizational core competencies as well as position-specific competencies. The competency set may include knowledge, skills, experience, and personal traits (demonstrated through defined behaviors).

    Older competency models might also contain attributes that rarely predict success (e.g. education, tenure, and diversity factors that are illegal to consider in many countries).

    Posted by cokroaminoto | November 12, 2008, 2:35 am
  87. mas aku lagi nyari gambar hos cokro aminoto n logo Syarikat Islam…
    klo ada kirm ke email q y… thanks

    Posted by fauzi bt | November 29, 2008, 3:46 am
  88. fauzi bt, terimakasih. Apakah anda yakin, saya memilikinya? hanya karena nama yg hampir sama.
    Insyaallah saya bantu.

    Posted by cokroaminoto | November 29, 2008, 3:59 pm
  89. Asslm, pak. saya minta saran tentang tesis yg saya susun adalah ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI. Trima kasih sebelumnya.

    Posted by Irwan Muhammad | December 12, 2008, 1:04 pm
    • Waalaikumussalam Wr. Wb. Irwan Muhammad, terimakasih. Untuk rencana tesis anda, pada prinsipnya merupakan uji dari beberapa faktor (independent variables) dengan Efektivitas Kerja ((dependent variable). Langkah awal, lakukan kajian literatur untuk memperoleh afaktor apa saja yang mempengaruhi efektivitas kerja. Langkah kedua, tetapkan indikator penilaian efektivitas kerja. Kedua langkah tersebut, bisa anda dapatkan dari tinjauan teori/literatur. Langkah ketiga, tetapkan landasan teori yang anda gunakan dan kerangka konsep penelitian. Langkah keempat, rancang metodologinya dan kembangkan instrumen penelitiannya.
      Demikian Iwan, semoga bermanfaat.

      Posted by cokroaminoto | December 16, 2008, 4:44 am
  90. ass. saya galih mahasiswa keperawatan, ingin mengambil skripsi yang berjudul faktor-faktor yangmempengaruhi pasien hipertensi memilih pengobatan herbal, dengan variabel terikatnya yaitu harga, keputusasaan, produk, tapi saya bingung untuk metode penelitian nya, mohon bimbingannya ya pak???

    Posted by galih | December 20, 2008, 7:02 am
    • Galih, terimakasih. Anda sudah tetapkan variabelnya kok bingung. Begini, deskripsikan dulu variabelyg mau anda kumpulkan tersebut. Indikatornya apa saja, bagaimana cara mengukurnya, kira-kira skala pengukurannya apa? Nanti akan ketahuan metode apa yang tepat. Semoga bermanfaat.

      Posted by cokroaminoto | January 28, 2009, 7:17 am
  91. asslm pak cokro, saya mau tanya masalah teknik pengambilan sample.
    responden penelitian saya gunakan seluruh karyawan di perusahaan itu yg berjumlah 40 orang.
    untuk teknik pengambilan sample yg cocok apa ya apabila semua karyawan ingin saya ambil menjadi sample di penelitian ini ? trimakasih

    Posted by ferry | February 7, 2009, 12:54 am
    • ferry, terimakasih. Penelitian paling ideal mengambil respondennya dari keseluruhan populasi! hanya kemudian karena kendala teknis waktu, biaya, transportasi, kemudian ada pemikiran bagaimana melalui pendekatan sampling. Jadi kalau ferry dg 40 responden tidak ada masalah, maka diambil seluruhnya lebih baik.

      Posted by cokroaminoto | February 12, 2009, 6:30 am
  92. asslm pak cokro , saya berencana mengambil judul skripsi pengaruh pengawasan langsung dan tidak langsung terhadap kinerja karyawan PT xx..
    menurut pendapat bapak apakah judul itu sudah sesuai terutama variabel pengawasan dan kinerja?
    dan mohon referensinya apakah ada teori yang mengatakan bahwa pengawasan berpengaruh signifikan terhadap kinerja?

    Posted by Wahyu | February 9, 2009, 12:55 pm
  93. ok, makasih atas sarannya pak cokro.

    Posted by ferry | February 12, 2009, 11:56 am
  94. Gmn save di akun fb .. pingin sheer ke Dinding.

    Posted by Tegoeh Calon Pemimpin | November 12, 2011, 5:06 pm
  95. Contoh Makalah Jurnal Skripsi Tesis Contoh Makalah Jurnal Skripsi Tesis – Download Kumpulan Contoh Makalah Jurnal Skripsi Tesis

    Posted by Contoh Makalah Jurnal Skripsi Tesis | January 25, 2012, 12:08 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Selamat Datang. Anda adalah pengunjung ke:

  • 528,512

Temui Saya

Di Blogspot. Temui saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

%d bloggers like this: