//
Ruang Diskusi

Lembar ini merupakan kumpulan catatan kecil-kecil (bukan catatan kecil, yang kadang-kadang tidak kecil), menampung pertanyaan yg muncul seputar persoalan kinerja staff, perilaku organisasi, kepemimpinan dan manajemen sumber daya manusia umumnya.

Discussion

74 thoughts on “Ruang Diskusi

  1. tolong minta referensi tenytang kepuasan kerja karyawan.makasih ya

    Posted by rusli jamil | July 11, 2007, 8:07 am
  2. tolong minta referensi tentang mewujudkan pelayanan prima di rumah sakit, thanks

    Posted by Sri Ridhayanti | October 4, 2007, 4:39 am
  3. Pak….Saya sedang menyususn tesis tentang Perubahan organisasi dan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan…mohon pencerahannya dan mungkin saran Bapak tentang referensi yang sebaiknya saya pakai. Terima Kasih.

    Posted by Uang | October 4, 2007, 11:00 pm
  4. pak saya ingin tahu seberapa besar pengaruh lingkungan internal terhadap kinerja karyawan? apakah parsial ataukah simultan?

    Posted by marniadi | November 7, 2007, 7:42 pm
  5. Untuk Uang, melihat sepintas rencana tesis anda, maka fokus pada kinerja karyawan dilihat dari sudut individual sebagai dependent variabel. sedangkan perubahan organisasi dilihat sebagai faktor eksternal yang mempengaruhinya. Referensinya fokus pada teori kinerja individu dan faktor2 yang mempengaruhinya yg datang dari organisasi. Untuk topik ini sudah banyak saya bahas.
    Untuk marniadi, Lingkungan internal-eksternal berpengaruh secara simultan terhadap motivasi. Nah motivasi inilah yg berhubungan langsung dg kinerja.

    Posted by cokroaminoto | November 18, 2007, 6:30 am
  6. Untuk Ridhayanti, coba lihat powerpoint saya di site ini “Tips dan Trik Mewujudkan pelayanan prima di RS”

    Posted by cokroaminoto | November 18, 2007, 6:35 am
  7. Pak….Saya sedang menyusun tesis tentang hubungan etos kerja, motivasi, dan iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan perpustakaan utama UIN syarif hidayatullah jakarta…mohon diberikan masukan dan penjelasan dan mungkin saran Bapak tentang referensi yang sebaiknya saya pakai. atas perhatian dan kerjasama saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam,

    Posted by rinto nasution | November 26, 2007, 1:57 am
  8. Saya sangat antusias dengan adanya website ini.
    Terima kasih.

    Wassalam,

    Posted by rinto nasution | November 27, 2007, 2:25 am
  9. Pak….Saya sedang menyusun tesis tentang hubungan etos kerja, motivasi, dan iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan perpustakaan utama UIN syarif hidayatullah jakarta…mohon diberikan masukan dan penjelasan dan mungkin saran Bapak tentang referensi yang sebaiknya saya pakai. atas perhatian dan kerjasama saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam,

    Posted by rinto nasution | November 27, 2007, 3:25 am
  10. saya sangat menginginkan respon dan masukan dari Bapak. terima kasih.

    Posted by rinto nasution | November 27, 2007, 3:28 am
  11. Rinto terimakasih. Maaf agak terlambat. saya sekarang berada di Bandung, mengikuti diklat teknologi informasi manajemen di TC Telkom. Kalau boleh saya usulkan, dalam tesis, anda harus fokus. Terutama pada penetapan independent variabelnya. Tesis menuntut kedalaman analisis. Berbeda kalau kita menulis skripsi. Karena menyangkut teori yang mendukungnya dan anda harus pelajari. Untuk dependent variabelnya, kinerja anda tinggal menetapkan indikator2 yang akan anda ukur. Begitu juga untuk independen variabelnya. Jika sudah anda tetapkan, misalnya motivasi. Maka referensi utama adalah seputar motivasi dan kinerja. Kinerja itu sendiri, anda harus tetapkan, akan fokus pada kinerja individual atau kinerja kelompok/organisasi/unit. Di blog ini saya masih berkonsentrasi pada kinerja individu/pegawai/karyawan. Menurut saya, fokus pada kinerja individu lebih penting. Atas dasar konsep bahwa kinerja organisasi itu merupakan akumulasi dari kinerja individu. Untuk pencarian artikel di internet, saya terbiasa menggunakan search engine http://www.mamma.com kemudian memasukkan key word. Demikian rinto, semoga bermanfaat.Semoga sukses!

    Posted by cokroaminoto | November 28, 2007, 2:48 am
    • Dear Doctor,

      Am Rev. Harrison Moore from USA but base in Ghana west Africa now, am making a plan to have a private hospital in your country because on the information’s that Hospital Project is one of the lucrative Business in your country now after Real Estate which every professional know from time.

      With due respect Doctor if i may ask you what are the required documents and necessary step to be taking before this Project can be allow in your country and the best location for this Project when we talk about land and i think you can provide us details for these information’s i ask ?.

      Hope to hear from you as soon as possible thanks so much for your assistance to be render.

      Regards,
      Harrison Moore

      Posted by Mr Harrison Moore | November 20, 2009, 8:34 am
  12. Bapak Cokroaminoto, saya skrg sedang menyusun skripsi tentang pengaruh motivasi kerja (dilihat dari dimensi motif, harapan dan insentif) terhadap kinerja, mohon diberikan masukan tentang referensi yang sebaiknya saya pakai. Dan apabila bapak berkenan mohon topik tersebut dibahas dan ditampilkan dalam topik terbaru. Atas perhatian dan kerjasama saya ucapkan terima kasih.

    Posted by puspita | January 7, 2008, 8:37 am
  13. Puspita, tentang rencana skripsi yang ingin anda susun. Menurut saya jangan terburu-buru menetapkan dimensi motivasi. Pelajari dulu konsep motivasinya. Silakan anda cari pustaka secukupnya. Nanti akan dapat diperoleh aspek motivasi tersebut meliputi apa saja. Terimakasih.

    Posted by cokroaminoto | January 8, 2008, 2:59 am
  14. Pak Cok, saat ini saya sedang menyusun suatu makalah tentang Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Sistem Insentif terhadap Kinerja Karyawan di Suatu Puskesmas. Mohon diberikan bantuan referensi sebagai bahan pustaka. dan bila berkenan mohon topik tersebut dapat dibahas dan ditampilkan. saat ini kesulitan saya adalah dalam membuat kuisioner untuk melakukan survey untuk menilai kinerja karyawan puskesmas tersebut.

    Mohon pendapat bapak untuk hal tersebut. atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

    Posted by Vensy | January 10, 2008, 6:21 am
  15. ass. minta refrensi indikator2 yang mempengaruhi kinerja karyawan.

    trimakasih

    Posted by edo | February 1, 2008, 3:34 am
  16. minta refrensi indikator-indikator yang mempengaruhi kinerja karyawan.
    terimakasih.

    Posted by edo | February 1, 2008, 3:35 am
  17. Edo, terimakasih. Faktor-faktor yg mempengaruhi kinerja, sdh banyak saya bahas. Coba anda lihat di kolom topik yang banyak dikunjungi. Semoga bermanfaat. Salam.

    Posted by cokroaminoto | February 1, 2008, 5:16 pm
  18. Bapak Cokroaminoto saya sedang menyusun skripsi dengan judul “Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Kantor ….” Landasan teori apa saja yang dibutuhkan dan apa indikator yang harus saya sertakan dalam skripsi. Menurut dosen saya ada 2 teori yang menyatakan kepuasan itu bisa diukur dan tidak, apakah bapak tahu teori siapa saja? Jika bisa mohon dibahas. Terima kasih banyak, saya sulit sekali mencari daftar pustaka, karena saya tinggal di kota kecil.

    Posted by Atang78 | February 6, 2008, 2:47 am
  19. Atang, terimakasih. Membaca judul rencana penelitian anda, menurut pandangan saya, landasan teorinya adalah kepuasan pelanggan. Untuk sumber bacaan online di internet, anda bisa cari dg search engine menggunakan key-word: “customer satisfaction”. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | February 7, 2008, 1:35 am
  20. Bapak cokroaminoto saya ada tugas ni tentang seorang manajer yang terlalu arogan..apa2 harus melalui dia dan kalau tidak sesuai ama dia punya pendapat meskipun tenaga ahlinya itu berpendpat benar sesuai ilmu yang ia punya orang itu akan dikeluarkan dari itu perusahaan
    itu semua terbukti sampai sekarang manajer perusahaannya itu nga ada yang bertahan sampai 1 tahn masa kerjannya karena angapan ia selama ini yang membesarkan perusahaan itu dia bukan karyawannya.
    yang sampai sekarang yang ia sering ucapakan dan ia sering lakukan kepada karyawan”kalau kamu nga senang nga mau terima kerja ini silahkan keluar..nah bagimana cara mengembangkan sumber daya manusia yang disisi lain direkturnya sangat otoriter. terima kasih banyak pak..karena saya kesulitan dalam memecahkan masalah ini..

    Posted by lia | February 18, 2008, 4:23 am
  21. Lia, terimakasih sudah ceritakan problem di perusahaan anda. Sebagian ilmu manajemen lebih banyak mengajarkan agar bagaimana seorang menjadi manajer yg baik. Kasus yg Lia hadapi, sangatlah sulit. Anda menghadapi situasi yg hampir tidak ada pilihan. Namun masih ada cara-cara untuk ‘How to manage the boss’ Dalam buku itu, banyak dibahas bagaimana teknik-teknik menghadapi berbagai karakter manajer. Untuk sumber di internet, Lia dapat baca di http://in.rediff.com/money/2005/aug/12spec.htm Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | February 20, 2008, 2:25 pm
  22. dengan hormat, saya telah memilih topik :PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENERAPAN TQM PADA GEREJA PROTESTAN MALUKU DENGAN OBJEK PPLKT URAUR, mohon sumbangsihnya apa persoalan penelitian atau indikator penelitian yang hendak saya kembangkan, perlu diketahui bahwa PPLKT URAUR adalah semacam perusahan yang mengolah sumber daya pertanian dan kontribusi bagi gereja tetapi samapai dengan saat ini lembaga ini tidak maju maupun mundur. trimakasih atas bantuannya.

    Posted by frans | March 12, 2008, 1:54 pm
  23. Frans, terimakasih komentarnya. Mengingat PPLKT URAUR adalah semacam perusahan yang mengolah sumber daya pertanian dan kontribusi bagi gereja tetapi sampai dengan saat ini lembaga ini tidak maju maupun mundur, seperti yang anda sampaikan. Ini adalah persoalan kinerja. Menurut saya, penelitian anda akan lebih ‘menggigit’ dan memiliki sumbangsih yang besar terhadap perkembangan lembaga itu, jika penelitian anda jangan terjebak dalam SDMnya saja. Persoalan kinerja tidak hanya persoalan manusia. Ada banyak variabel inputnya. Menurut Kotler, hal-hal yang harus diperhitungkan adalah aspek: manusia, mekanisme dan aturan, dana, peralatan, media pengembangan dan analisis pasar serta informasi.
    Oleh karena itu, penelitian dengan tema ‘analisis faktor kinerja’ terasa lebih efektif. Anda juga dapat mendekatinya secara kualitatif. Meskipun banyak pro kontra tentang penelitian kualitatif, jenis penelitian ini memungkinkan peneliti dapat menemukan ‘kotak hitam’ nya organisasi. Demikian, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | March 14, 2008, 5:34 am
  24. sya sedang menyusun tesis tentang pengaruh faktor internal dan dan eksternal serta bauran pemasaran terhadap pemilihan maskapai penerbangan di Kota Kendari. Tq b4

    Posted by bubung | March 16, 2008, 2:52 am
  25. saya sedang mempersiapkan konsep analisa preferensi dan referensi terhadap pengambilan keputusan dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Mhon bantuan refeensi tentang teori yang mapan karena saya menggunakan alat analisis SEM

    Posted by Dadi Anas | March 16, 2008, 2:54 am
  26. Bubung, terima kasih pertanyaannya. Tentang rencana tesis anda, pengaruh faktor internal dan eksternal serta bauran pemasaran terhadap pemilihan maskapai penerbangan di Kota Kendari. Anda perlu lebih spesifik unit analisisnya. Organisasi atau individu? Oke saya tunggu.

    Posted by cokroaminoto | March 16, 2008, 1:04 pm
  27. Dadi Anas, terimakasih. Tapi bagaimana anda menetapkan alat analisis, sementara anda belum memperoleh dasar teorinya. Anas, logikanya jangan dibalik. Menurut pendapat saya, dasar teorinya tetapkan dulu, kemudian kembangkan instrumennya dari kerangka konsep dan variabel penelitiannya. Demikian, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | March 16, 2008, 1:14 pm
  28. mas ada journal of behavior organization gak

    Posted by teddy | March 30, 2008, 6:17 am
  29. Motivasi kerja karyawan merupakan landasan utama dalam pencapaian tujuan perusahaan.
    Akan tetapi dalam dunia kerja nyata terutama dalam industry manufacturing
    seperti yang telah saya geluti lebih dari 7 tahun, ada suatu gap antara keinginan perusahaan dan keinginan karyawan pada umumnya :
    A. Perusahaan
    1. Effisiensi menjadi issue utama dalam pencapaian tujuan
    2. Effisiensi tidak didukung dengan peningkatan teknologi
    3. Pelatihan menjadi komoditas nomor….. sekian dalam upaya pencapaian tujuan
    4. Tidak memberdayakan karyawan dengan tugas dan tanggung jawab yang lebih bisa dipahami dan dilaksanakan oleh karyawan
    5. Menjadikan manusia sebagai alasan utama jika terjadi masalah ( human error )
    B. Karyawan
    1. Peningkatan gaji setiap tahun tidak sebanding dengan peningkatan biaya hidup karyawan
    2. Tuntutan peningkatan produktivitas karyawan tidak didukung dengan infrastruktur dan kemajuan teknologi.
    3. Wawasan karyawan menjadi lambat berkembang karena kurangnya pelatihan.
    4. Karyawan hanya diberi tuntutan yang terus meningkat tanpa dibekali dengan pengetahuan yang memadai
    5. Prestasi karyawan hanya teringat oleh perusahaan jika karyawan mengalami kegagalan, jika karyawan mengalami kesuksesan hanya dipandang sebelah mata oleh perusahaan.

    Sebagai seorang karyawan saya hanya berprinsip, bekerja harus lebih baik dari yang telah orang lain kerjakan tanpa melihat seberapa besar saya dibayar.

    Karena ketekunan, kerja keras, berani mencoba dan smart merupakan investasi besar yang suatu saat pasti akan saya dapat.

    Karena Tuhan pasti akan memberikan RezekiNya sesuai apa yang telah kita perbuat.

    Posted by Budi Vuurwanto | April 1, 2008, 2:01 pm
  30. Budi Vuurwanto, terimakasih responnya. Saya sangat respect. Beberapa konsep membangun kinerja yang saya coba bahas, mudah-mudahan menjadi ‘inspiring words’ bagi para manajer.
    Dalam situasi seperti yg anda hadapi, memang hampir tidak ada pilihan. Namun dalam sistem yg terbuka, seperti sekarang ini, demikian pendapat para manajer yg pernah saya ajak berdiskusi, perusahaan yg tidak berorientasi pada karyawan, lambat atau cepat akan ‘tergusur’ oleh situasi pasar.

    Posted by cokroaminoto | April 1, 2008, 2:54 pm
  31. Teddy, maaf. Terlambat meresponnya. Untuk sumber online ttg perliku organisasi atau ‘organizational behaviour’ anda bisa kunjungi websitenya di http://www.obmnetwork.com/resources/newsletter/

    Posted by cokroaminoto | April 1, 2008, 3:05 pm
  32. Pa’saya mau menyusun tesis tentang analisis perbedaan faktor internal dan ekternal terhadap keputusan pemilihan program studi pada PAsca Sarjana Univ. Haluoleo Kendari
    Bisa saya d tolong untuk d kirimkan teori terkait penelitian saya tersebut?
    terima kasih sebelmya atas bantuannya. Wass

    Posted by Ricky | April 2, 2008, 12:47 pm
  33. Ricky, terimakasih. Untuk rencana tesis anda berfokus pada perilaku dan motivasi manusia. Untuk kedua topik tersebut, anda dapat browsing dengan klik disini, dengan memasukkan kata kunci, misal “motivation” atau “behaviour”. Untuk sumber lain di internet anda dapat baca juga di http://tumoutou.net/6_sem2_023/kel1-PSL_sem2_023.htm

    Posted by cokroaminoto | April 4, 2008, 7:21 am
  34. Dear Pak Cokro,

    saya mahasiswa UNSYIAH yang sedang menyelesaikan skripsi dengan judul “Pengaruh Ekspektasi Kinerja dan Berkarya Terhadap Minat Pemamfaatan System Informasi Akuntansi”. saya sedang kesulitan dalam mendapatkan literatur dan jurnal yang mengacu terhadap judul saya, terutama dalam mengartikan Ekspektasi Kinerja dan Berkarya…. saya mohon bantuan pak cokro dalam mencari literatur atau referensi untuk hal tersebut diatas…
    Terimakasih.

    Posted by Ridho | April 15, 2008, 7:04 am
  35. Ridho, terimakasih. Untuk mencari literatur di internet, anda bisa menggunakan search engine, misalnya http://www.google.com kemudian masukkan kata kunci, “ekspektansi kinerja” Demikian semoga bermanfaat. Salam.

    Posted by cokroaminoto | April 16, 2008, 12:17 pm
  36. dear pak cokro,
    terimakasih atas informasi dan bantuannya, yang saya maksud adalah referensi Judul Buku dan Pengarang atau artikel yang membahas tentang Ekspektasi Kinerja dan Berkarya.. kalau search engine google saya sudah lakukan dari dulu..

    Posted by Ridho | April 17, 2008, 2:35 am
  37. Ridho, terimakasih. Akhirnya saya dapat bersilaturahmi dengan gambar foto anda. Teori kinerja dan berkarya banyak sesuai dengan bahasan teori ekspektansinya vroom. Sementara teori minat dan pilihan2 banyak dikaji dalam teori minatnya Holland. Sedangkan kalau itu sebuah proses belajar, banyak dibahas dalam teori belajarnya CG Young. Ridho dapat memasukkan keyword itu. Untuk artikel dan sumber di internet, anda dapat kunjungi http://faizperjuangan.wordpress.com/2008/02/12/teori-pilihan-karir-menurut-john-l-holland-sebuah-tugas-kuliah/
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | April 17, 2008, 4:36 am
  38. dear pak cokro,

    terima kasih banyak atas bantuannya, semoga silaturahmi akan terus bisa terjalin…

    Posted by kotanaga | April 17, 2008, 10:47 am
  39. Rido terimakasih. Atas kunjungannya.

    Posted by cokroaminoto | April 17, 2008, 12:03 pm
  40. Dear Pak Cokro…

    Saya sedang buat tesis tentang pengaruh kepuasan kerja dan gaya kepemimpinan terhadap etos kerja. Studi kasusnya di kantor saya. Cuma yg saya ragukan, total karyawan di kantor saya hanya 28 orang, apakah cukup memadai untuk dijadikan sampel…? Selain itu saya juga ada kendala mendapatkan referensi ttg etos kerja. banyak artikel menyinggung etos kerja, tapi saya belum menemukan artikel atau referensi yang khusus membahas tentang etos kerja.

    Masukan dari Bapak sangat saya nantikan

    Terima Kasih.

    Posted by zola | May 27, 2008, 2:37 pm
  41. Zola, terimakasih. Teknik pengambilan sampel itu ditetapkan kalau populasinya tidak memungkinkan untuk diambil semua untuk penelitian. Jika memungkinkan untuk dijadikan responden semua, itu malah lebih baik. Tidak usah berfikir untuk mengambil sampel.
    Etos kerja merupakan variabel komposit yang didalamnya mengindikasikan ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja dan daya tahan terhadap tekanan seseorang.
    Untuk topik etos kerja, anda bisa mencarinya di website wikipedia, yang saya sediakan di menu blogroll.
    Demikian semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | May 28, 2008, 4:49 am
  42. Pak saya adhitya dari STIKOM, saya saat ini sedang mengerjakan tugas akhir dengan judul sistem pendukung keputusan penilaian kinerja pegawai depdiknas dengan metode scoring system. Saya mengalami kesulitan dalam pembuatan angket atau kuisioner untuk penilaian kinerja yang kriterianya adalah kesopanan, kedisiplinan, kompetensi dan pengusaan pekerjaan. Angket ini nantinya di isi oleh bagian kepegawaian yang mempunyai data tentang para pegawai, saya mempunyai contoh tapi tidak banyak pak.
    Contoh pertanyaannya untuk kriteria kedisiplinan!!
    1.ketepatan waktu masuk kerja?
    2.ketepatan waktu dalam menghadiri rapat?
    3.jumlah absensi/presentase kehadiran?

    Disini saya ingin meminta bantuan kepada bapak untuk memberi contoh2 angket yang dapat saya gunakan.Trima kasih pak atas waktu nya untuk membaca tulisan saya.

    Posted by adhitya | June 8, 2008, 10:57 am
  43. Adhitya, kl anda sdh dapat menetapkan variabel beserta indikatornya, anda bisa mengk0nfirmasikan kepada beberapa pegawai, sbg uji pemahaman instrument. Itu dibenarkan dlm penelitian, terutama lazim dlm penelitian2 kualitatif.
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | June 9, 2008, 6:20 am
  44. Kepada bapak cokro, bapak saya sedang menyususn skipsi yang bersifat kuantitatif. Saya ingin bertanya tentang uji t . Untuk mengetahui apa terdapat pengeruh secara parsial dapat dilihat dari signifikasni atau dari membandingkan hasil dari t hitung dengan t tabel (tabel harga kritik dari r product moment). Banyak buku metode penelitian dari r tabel yang berhenti di jumlah sampel 50 contoh tabel.Saya ingin tanya pak cokro jumlah sampel saya 52 lalu bagaimana saya menghitung t tabel saya sementara di tabel dari jumlah sampel 50 langsung ke sampel 55 mohon bantuan bapak.

    Posted by angelina fransisca | June 24, 2008, 10:46 am
  45. pak cokro saya mau tanya t tabel dan F tabel dari N= 52 berapa ya pak

    Posted by angelina | June 26, 2008, 2:31 am
  46. Bapak Cokroaminoto, saya skrg sedang menyusun Makalah tentang Pengaruh besar faktor lingkungan terhadap kejuan organisasi (dilihat dari perilaku organisasi), mohon diberikan masukan tentang referensi yang sebaiknya saya pakai. Dan apabila bapak berkenan mohon topik tersebut dibahas dan ditampilkan dalam topik terbaru. Atas perhatian dan kerjasama saya ucapkan terima kasih.

    Posted by Munajat | July 21, 2008, 3:50 am
  47. Bapak Cokroaminoto, saya skrg sedang menyusun Makalah tentang Pengaruh besar faktor lingkungan terhadap kemajuan organisasi (dilihat dari perilaku organisasi), mohon diberikan masukan tentang referensi yang sebaiknya saya pakai. Dan apabila bapak berkenan mohon topik tersebut dibahas dan ditampilkan dalam topik terbaru. Atas perhatian dan kerjasama saya ucapkan terima kasih.

    Posted by Munajat | July 21, 2008, 3:51 am
  48. Munajat, terimakasih. faktor lingkungan dg kemajuan organisasi, nampaknya 2 variable yg tdk seimbang, variable kmjuan organisasi itu variable outcome.
    Coba pilih variable output yg tepat, misalnya motivasi pegawai. Sehingga jika digambarkan hubungannya menjadi: factor lingkungan–> motivasi peg –> kemajuan organisasi.

    Posted by cokroaminoto | July 24, 2008, 4:23 pm
  49. angelina fransisca, mohon maaf, terlambat meresponnya.
    Prinsip, uji t, dgunakan utk uji beda rata2 2 sampel dg skala intervals atau rasio.
    Bisa anda gunakan angka sig dari SPSS, namun tentukan dl, apakah 2 samples tsb bebas atau berhubungan.

    Posted by cokroaminoto | July 24, 2008, 4:55 pm
  50. Pa,.sy mahasiswa pasca bku kebijakan publik lagi menyusun tesis tentang
    Implementasi Kebijakan Pelelangan umum terhadap kinerja aparatur,.mohon informasinya tentang teori kinerja dan referensi bukunya..
    terima kasih

    Posted by Nena | August 20, 2008, 6:51 am
  51. Nena, terimakasih. Untuk teori kinerja anda bisa klik di menu blogroll, pilih performance management- basic concept
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | August 22, 2008, 10:41 am
  52. Aslm. pak, saya mahasiswa yg sedang magang di DPU, dan saya diberi tugas untuk mencari Key Perform. Indicator yang dapat diterapkan di lingkungan Organisasi Publik dan sektor Non-Profit,, indikatornya ad 4 yaitu : Kuantitas, Kualitas, Biaya dan Waktu. apakah hal tersebut dapat dterapkan dan dari mana saya harus memulai analisisnya? Mohon bantuannya. Terimakasih. Wslm

    Posted by eko | August 27, 2008, 6:11 am
  53. eko, terimakasih. Sudah saya jawab.

    Posted by cokroaminoto | August 29, 2008, 10:57 am
  54. Bapak Cokroaminoto, sebelumnya saya memperkenalkan diri terlebih dahulu nama saya Hidayat saya mahasiswa S2 MAP UT, sekarang saya sedang menyusun proposal tesis. Adapun judul proposal tersebut adalah Pengaruh kuantitas SDM terhadap efektivitas pelayanan publik. yang ingin saya konsultasikan adalah adakah teori apakah yang akan saya gunakan terutama menyangkut kuantitas SDM. Mohon bantuannya Pak, atas kesediaannya saya ucapkan terima kasih.

    Posted by Hidayat | September 10, 2008, 1:33 pm
  55. Hidayat, terimakasih. Kuantitas SDM pasti akan berdampak pada efektivitas pelayanan, karena SDM merupakan input. Saya lebih melihat Kuantitas SDM itu sbg masalah awal (enter point) yg berpotensi menimbulkan tugas rangkap, beban kerja, kepuasan kerja dst. Saran saya, lebih baik mengangkat hal2 terakhir tadi terhadap efektivitas pelayanan.

    Posted by cokroaminoto | September 10, 2008, 4:13 pm
  56. pak cokro, mohon bantuannya, saya sedang menyusun skripsi tentang hubungan kecerdasan emosional dengan kinerja karyawan…bagaimana contoh diagram tentang hubungannya…dan apa yang dapat saya gali lagi dari topik itu….

    terima kasih…

    Posted by dian | October 7, 2008, 6:37 am
  57. Dian, terimakasih. Mencari hubungan kecerdasan emosional dengan kinerja dpt digambarkan dg mencari indikator kecerdasan emosional (sebagai variabel bebas) itu apa saja. Kemudian mengidentifikasi variabel standar kinerja ini (sebagai variabel terikat) mau diukur dengan indikator apa saja.
    Setelah masing2 datanya sdh terkumpul, dari kedua kelompok variabel. Selanjutnya tinggal melakukan uji statistik hubungan kedua variabel. Ingat, pilih jenis uji hubungan yg sesuai, diantaranya menurut skala pengukuran datanya.
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | October 9, 2008, 3:30 pm
  58. sy mhsw S2 tertarik dengan topik rotasi- motivasi- produktivitas kerja, rencananya akan sy jadikan bahan thesis, pak. Mohon info buku2 yang mendukung, dalam arti yang simple dan mengena sasaran, Thanks pak, tak tunggu dengan sepenuh2 hati ya…………………. bye

    Posted by Wiwik Effendi | November 17, 2008, 7:12 am
  59. bagus sekali tulisan bapak

    Posted by usetea | January 14, 2009, 5:18 am
  60. ass pak.
    sy sedang menulis rancangan penelitian disertasi dg tema : analisis kinerja aparatur pemerintah dalam pelayanan sosial.
    Jika kinerja aparatur dlm perspektif individual akan menjadi fokus utama, kira-kira sy harus memulai dr mana? kemudian variabel individu apakah cukup utk menjelaskan kinerja individu secara komprehensif. Mhn penjelasan dan kalau mungkin adalah dukungan kepustakaan. tks pak.

    Posted by hamka | March 26, 2009, 2:31 am
    • hamka, terimakasih. Analisis kinerja, paling tidak bersisi tentang kajian kinerja yang riil saat ini, dibandingkan standar atau teori. Kesenjangan yang muncul dianalisis berdasarkan faktor-faktornya, dibandingkan teori. Untuk bahan kepustakaan, paling tidak adalah teori-teori kinerja.

      Posted by cokroaminoto | April 6, 2009, 7:29 am
  61. Asslm pak cokroaminoto
    saya dr.budi darmoyo mahiswa S2 MKIM UNDIP jurusan MARS, saya akan mengajukan tema bahan tesis tentang “managemen pelayanan prima rumah sakit dalam rangka menuju rumah sakit klas dunia”, bisakah tema ini nanti untuk bahan penelitian di rs, gimana cara mudah untuk penelitian dan pembuatan tesis dengan tema tersebut, dimana saya mendapatkan literatur2 untuk tema tersebut, terimakasih.

    Posted by dr. Budi Darmoyo | April 6, 2009, 3:06 am
  62. assalam pak cokro,
    saya seorang mahasiswa sekaligus seorang pegawai. sangat susah membagi kerja dgn tugas kuliah. saya seorang laboran.saya memutuskan untuk berhenti bekerja beberapa bulan lagi salah satu penyebabnya karena ketidaknyamanan saya di kantor.benarkah keputusan yang akan saya ambil?. oh ya, ada tanya lagi nih pak, bisa dijelasin gak faktor ketidaknyamanan seorang staff karena faktor lingkungan.cuaca, dsb.trima kasih

    Posted by zahra | July 12, 2009, 12:06 pm
  63. Saya tertarik dengan artikel saudara Bung. Sungguh bermakna bagi saya, dan beberapa berkaitan dengan Management SDM khususnya. Walaupun saat ini saya bekerja sebagai Team IT (honor), saya punya BackGround khususnya Management SDM. Jadi inget semasa kuliah dulu.
    Bagi yang mengerti dan memahami dengan penuh rasa, artikel anda tentu memberi motivasi lebih untuk perubahan berbagai sisi Management, khususnya di lembaga, instansi, baik swasta maupun pemerintah.
    Bravo SDM, hargai SDM dengan harga yang layak, sebab faktor keberhasilan dan kemajuan suatu usaha tidak jauh dari kualitas SDM… Tingkatkan motivator penggerak semangat SDM… Jangan diturunkan dan dirubah yang tidak sesuai dengan semangat SDM…. (yANG terakhir ini, khusus buat struktural)

    Posted by Muhammad Yohn Kenedy | July 24, 2009, 3:17 pm
  64. yth. pak Cokro…
    saya bekerja di badan penelitian dan pengembangan daerah kaltim. paradigma yang terjadi keluaran litbang cenderung mubajir alias tidak terpakai karena dianggap tidak realistis. di kantor kami telah terpasang internet tapi cenderung hanya digunakan untuk bermain games. padahal menurut saya banyak referansi2 yang ada di internet yang bisa dijadikan rujukan agar keluaran litbang berbobot. intinya penerapan teknologi informasi tidak dibarengi dengan kreatifitas pedayagunaan IT itu sendiri.

    saya ingin mengangkat masalah tersebut ke dalam tesis. yang mudah2an dapat mnyumbangkan penelitian saya untuk pengembangan IT kedepannya. saya melihatnya ada 3 permasalahan, yaitu
    1. Pemanfaatan IT yang belum optimal
    2. Sistem Informasi yang masih rendah
    3. SDM yang masih minim

    jadi tesis saya mengangkat pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja aparatur balitbangda kaltim.

    Mohon bantuan landasan teori kinerja yang bisa saya pakai yang bisa dikorelasikan dengan pemanfaatan IT, pengembangan SDM yang dibuthkan dan metodelogi peneltian yang tepat untuk saya pakai. (rencana saya ingin menggunakan metode kualitatif interaksi simbolik dengan analisis interaktif)

    reply ke email saya juga ya pak..
    terima kasih atas bantuannya.

    Posted by rabihatun wahidah | November 29, 2009, 6:36 am
  65. malam pak, saya sdg membuat skripsi dengan judul mengacu pada balanced scorecard.. sy mau minta tolong untuk link dimana sy bisa dapetin bahan untuk pendukung skripsi saya, terutama definisi kinerja menurut para ahli dengan tahun penulisan 2005 keatas.tq b4

    Posted by queenlme | April 13, 2010, 4:04 pm
  66. Assalam…Sy dlm proses penyusunan Thesis ttg Pengaruh Teknologi Informasi dan SDM terhadap efektivitas LAporan keuangan.Mohon referensi Teorinya Pak.Klo bisa dikirim keEmail sy Pak.Ok.Thanks B4…

    Posted by Fakhmi Yulizar | October 7, 2010, 2:59 pm
  67. Kepada bapak cokro, sy mahasiswa dr kupang-NTT
    sy sedang mengurus laporan akhir sy pak..
    mengenai hub penerapan gaya kepemimpinan kpla sklh dg efektivitas kerja pegawai tata usahanya..
    tp sy ms bingung untuk menentukan gejalanya..mohon bantuannya pak..terimakasih

    Posted by Fend Netral | September 4, 2011, 5:02 am
  68. pak saya lagi nyusun tesis dengan judul komunikasi dan motivasi serta kepemimpinan terhadap kinerja bappeda dalam melaksanakan penbangunan saya butuh refernsi komunikasi organisasi motivasi orgs serta kepemi organisai terbaru…bisa bantu saya pak kirm ke email saya…serta saran dari bpk…

    Posted by eisya | October 2, 2012, 12:34 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Selamat Datang. Anda adalah pengunjung ke:

  • 528,512

Temui Saya

Di Blogspot. Temui saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

%d bloggers like this: