//
you're reading...
Gagasan

BEBERAPA CATATAN DALAM PEMBERIAN IMBALAN

Imbalan sebagai bentuk pengukuhan
Imbalan adalah sesuatu yang meningkatkan frekuensi kegiatan seorang pegawai. Sesuatu dinamakan imbalan atau bukan, tergantung pada keseluruhan pengaruh terhadap perilaku pegawai. Jika kinerja seorang pegawai diikuti oleh sesuatu dan kinerja lebih sering terjadi di saat kemudian setelah sesuatu, maka sesuatu tersebut disebut imbalan. Imbalan dalam pekerjaan memungkinkan sebuah kinerja akan diulang pada waktu yang akan datang, sebagaimana pernah saya bahas dalam ¨Imbalan dalam Pekerjaan¨

Dalam meningkatkan kinerja karyawan, akhir-akhir ini banyak manajer kemudian langsung berfikir bagaimana memberikan/meningkatkan imbalan pada karyawan. Ada baiknya kita tidak terburu-buru, karena imbalan bukan satu-satunya. Masih banyak faktor yang harus dikaji. Namun, jika pemberian imbalan ini menjadi pilihan, maka kita musti bijak dan hati-hati dalam pemberiannya.

Sistem imbalan (reward system) merupakan sebuah metode atau cara-cara memberikan reinforcement terhadap kontribusi individu dengan kemampuan dan kinerjanya dalam pekerjaan. Tujuan akhirnya adalah untuk membangun lingkungan tempat kerja yang diarahkan pada perilaku kerja karyawan yang prima, untuk mencapai hasil yang membuat sesuatu menjadi berbeda. Untuk mewujudkannya harus dilakukan kajian ulang terhadap sistem imbalan yang sudah ada untuk mengembangkan instrumennya.

Beberapa catatan
Hasil-hasil riset menunjukkan bahwa tingkat kinerja merupakan wujud dari kepuasan sebagai reaksi kompleks terhadap situasi-situasi yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor dalam pekerjaan. Dari hasil riset tersebut, ada kesimpulan dasar yang dapat digunakan sebagai catatan (Lawler, 1977). Sebuah imbalan harus memiliki nilai keadilan internal dan eksternal serta variasi dan memiliki nilai penting.

Keadilan internal dan eksternal sebuah imbalan
Keadilan internal memiliki makna bahwa kepuasan terhadap sebuah imbalan merupakan sebuah fungsi antara jumlah imbalan yang diterima dan jumlah yang mereka rasakan seharusnya mereka terima. Seorang karyawan merasa puas ditentukan oleh hasil perbandingan antara imbalan yang ia terima dengan yang seharusnya atau yang ingin mereka terima. Selanjutnya jika karyawan menerima kurang dari yang seharusnya menurut keyakinannya, maka ia merasa tidak puas.

Keadilan eksternal menunjuk pada Kepuasan karyawan atas hasil perbandinganya terhadap apa yang diterimanya dengan yang diterima orang lain yang relatif sama dalam hal pekerjaan. Jika perbandingan itu layak menurutnya, ia akan merasa puas.

Variasi imbalan
Keseluruhan kepuasan kerja dipengaruhi oleh kepuasan mereka terhadap imbalan intrinsik dan ekstrinsik yang mereka terima dalam pekerjaannya. Hal ini berarti dari kedua jenis imbalan tersebut tidak ada yang lebih penting dari lainnya, sehingga hanya dengan memberikan imbalan finansial saja tidak akan memperbaiki perasaan bosan, dan pengulangan pencapaian sukses dalam pekerjaan.

Nilai penting
Pada masing-masing individu mempunyai perbedaan dalam hal jenis imbalan yang penting untuk mereka. Banyak imbalan ekstrinsik merupakan sesuatu yang penting dan memuaskan, karena imbalan ini akan menyebabkan pada pemberian imbalan yang lain, sehingga dengan pemberian imbalan ekstrinsik pada karyawan akan memungkinkan mereka memperoleh kepuasan terhadap beberapa kebutuhannya.

About cokroaminoto

Lahir di Pekalongan, 29 Nopember 1966. Berkeluarga, dengan 2 anak. Sejak SD hingga SLTA Kejuruan lulus di Pekalongan. Menjalani ikatan dinas dari Departemen Kesehatan sejak 1987 di Kebumen. Pada tahun 1996 menyelesaikan program sarjana FISIP, dan pada tahun 2001 lulus program pasca sarjana Manajemen Kesehatan di UGM Yogyakarta. Sejak itu, mulai tertarik pada wilayah kajian pengembangan kinerja (Walah, sok ilmiah..). Bukan apa-apa, karena dalam dunia kerja, apa lagi kerja di kantoran, persoalan kinerja menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama. Bagaimana tidak, maju-mundurnya sebuah kantor, organisasi, bahkan dari sistem pemerintahan tergantung dari sini. Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangannya. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman. Amin

Discussion

5 thoughts on “BEBERAPA CATATAN DALAM PEMBERIAN IMBALAN

  1. terima kasih atas topik yang telah diangkat. tulisan tersebut sangat membantu saya untuk lebih memahami tentang kinerja. pertanyaan saya :
    1. apakah istilah imbalan sama dengan insentif ??
    2. bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan?
    terima kasih

    Posted by Vensy | January 10, 2008, 6:04 am
  2. Vensy terimakasih. Imabalan (reward) agak berbeda dengan insentif. Imabalan merupakan respon dari organisasi/pimpinan. Segala respon yang diterima oleh karyawan, dan memacu seseorang untuk bekerja lebih baik lagi, itu maknanya imbalan. Imbalan sendiri dapat berwujud maupun yang tidak berwujud. Nah, insentif dikenal sebagai salah satu bentuk imbalan yang berwujud (tangible reward) tersebut.
    Beberapa uraian baik imabalan, gaya kepemimpinan maupun kinerja pernah saya post di website ini. Silakan Vensy buka di arsip baik gagasan maupun respon, berdasarkan bulan.
    Untuk gaya kepemimpinan, secara garis besar pernah saya bahas dalam respon untuk opan. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | January 11, 2008, 4:27 am
  3. Pak Cokro,
    Mengapa memakai terminologi imbalan bukan kompensasi?

    Posted by Irene | September 16, 2008, 8:33 am
  4. Irene, terimakasih. Imbalan (reward) sifatnya lebih luas. Kompensasi sering digunakan untuk imbalan yg berwujud (tangible reward).

    Posted by cokroaminoto | September 17, 2008, 9:02 pm
  5. Saya masih bingung dengan pengertian imbalan, kompensasi dan insentif…boleh tolong di bantu perbedaan mendasar dari ketiga itu???
    Saya akan melakukan penelitian, klo diantara ketiga itu menggunakan kberpengaruhan yg mana untuk kreativitas-inovasi karyawan??? imbalan, kompensasi atau insentif???

    Posted by ira | January 17, 2011, 9:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Selamat Datang. Anda adalah pengunjung ke:

  • 528,512

Temui Saya

Di Blogspot. Temui saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

%d bloggers like this: