//
you're reading...
Respons

KETRAMPILAN MANAJER: RESPON UNTUK KUNTO

Peran Manajerial
Dalam perusahaan atau organisasi manapun peran seorang manajer adalah sebagai “agent of change” yaitu merespon dari setiap perubahan yang terjadi dalam lingkungan. Dalam hal ini manajer dituntut harus siap berubah, sehingga menjadi pembaharu. Ketika konsep pembaharuan sudah di adopt, maka ia harus berusaha untuk menerapkannya. Dalam hal ini, manajer dituntut fungsinya sebagai administrator, yaitu mengorganisasikan seluruh sumber daya yang ada dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Pada tahap inilah, seorang manajer harus berperan sebagai innovator, menemukan cara-cara baru yang paling menguntungkan bagi perusahaan, yang dapat mempersatukan seluruh komponen/sub sistem dalam perusahaan.

Ketrampilan manajer
Mengingat peran dan fungsinya seorang manajer dalam aspek producing, implementing, innovating dan system integrating maka ia harus dituntut memiliki ketrampilan manajerial. Paling tidak seorang manajer harus menguasai ketrampilan yang bersifat:
Ketrampilan konseptual
ketrampilan hubungan antar manusia
ketrampilan teknis

Besarnya komposisi dari ketiganya yang harus dimiliki, sangat tergantung pada tingkatan manajerial. Semakin tinggi level manajerialnya, maka semakin besar dibutuhkan ketrampilan konseptualnya dan semakin kecil dibutuhkan ketrampilan teknisnya. Sebagai ilustrasi silakan lihat Diagram ketrampilan manajer.

About cokroaminoto

Lahir di Pekalongan, 29 Nopember 1966. Berkeluarga, dengan 2 anak. Sejak SD hingga SLTA Kejuruan lulus di Pekalongan. Menjalani ikatan dinas dari Departemen Kesehatan sejak 1987 di Kebumen. Pada tahun 1996 menyelesaikan program sarjana FISIP, dan pada tahun 2001 lulus program pasca sarjana Manajemen Kesehatan di UGM Yogyakarta. Sejak itu, mulai tertarik pada wilayah kajian pengembangan kinerja (Walah, sok ilmiah..). Bukan apa-apa, karena dalam dunia kerja, apa lagi kerja di kantoran, persoalan kinerja menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama. Bagaimana tidak, maju-mundurnya sebuah kantor, organisasi, bahkan dari sistem pemerintahan tergantung dari sini. Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangannya. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman. Amin

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Selamat Datang. Anda adalah pengunjung ke:

  • 528,512

Temui Saya

Di Blogspot. Temui saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

%d bloggers like this: