//
Ruang Metodologi Penelitian

Halaman ini disediakan untuk merespon minat dan kebutuhan rekan-rekan, yang mahasiswa, dosen, staff, penyelia, manajer, pemimpin, pimpinan perusahaan yg dalam proses penyusunan kertas kerja, karya tulis ilmiah, tugas akhir, skripsi, tesis atau sejenisnya. Di Halaman ini, Sekedar berbincang masalah metodologi penelitian, atau teknik penulisan.

Tulisan merupakan salah satu ungkapan dari fikiran kita, sehingga tulisan seseorang dapat mencerminkan pola fikiran kita. Banyak tulisan yang mengilhami penemuan-penemuan besar dunia, namun tidak sedikit ide-ide cemerlang seseorang tidak dapat difahami orang lain, gara-gara tulisan kita tidak efektif.
Kuncinya bahwa tulisan kita harus dibangun atas dasar jalan fikiran yang logis, dipadukan dengan kemampuan menulis yang efektif. Kedua hal merupakan masalah mendasar dalam membangun karya tulis.

Discussion

83 thoughts on “Ruang Metodologi Penelitian

  1. Pak Cokro Yth.

    saya berniat untuk membuat proposal untuk penelitian melanjutkan studi yang lebih tinggi. Rencana yang akan saya angkat mengenai Crouwdsourcing dalam hubungannya dengan business concept. Tapi saya masih bingung apakah dalam penelitian tersebut dapat saya analisa mengenai hubungan crowdsourcing dengan produktivitas kerja, dan alat analisa apa yang cocok saya gunakan. Terima kasih atas jawaban Bapak

    Posted by yanti | January 24, 2008, 7:15 am
  2. aslm,

    Pak saya kan lagi ngerjain PR dari bapak untuk bab I, tapi pak apa saya boleh nanya sedikit tentang metode apa yang harus saya gunakan dan dengan pendekatan apa. Terus terang saya masih bingung untuk nulis di keaslian penelitian saya tentang metode dan yang lainnya.

    judul saya :
    HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN INFEKSI LUKA OPERASI PADA PASIEN PASCA LAPAROTOMI DI RSU PKU MUHAMADIYAH GOMBONG

    Mohon untuk dibantu,
    Best Regard Wahidin

    wasllm

    Posted by wahidin (STIKES) | January 24, 2008, 2:06 pm
  3. Wahidin terimakasih. Keaslian penelitian, maksudnya bahwa pnelitian yg akan anda lakukan tidak sama dengan penelitian yg pernah dilkukan orang. Untuk menyatakannya, anda harus dapat menunjukkan aspek2 perbedaannya. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | January 25, 2008, 4:28 pm
  4. Yanti maaf. Apa yg anda maksudkan bukannya outsourcing dalam bussiness concept? Kalau benar, maka outsourcing dapat anda dekati dari berbagai aspek. Outsourcing mrpakan pendekatan pemenuhan sumberdaya melalui sumber-sumber dari luar, dengan melibatkan fihak ke tiga sebagai supplier. Keduanya terikat dalam perjanjian kontrak kerjasama dalam perencanaan dan mekanisme pelaksanaannya. . Untuk sumber lain anda dapat baca lagi tentang outsourcing di wikipedia. Semoga bermanfaat

    Posted by cokroaminoto | January 25, 2008, 4:34 pm
  5. bapak..
    saya sering baca pembahasan2 yang bapak berikan untuk memenuhi respon orang.
    saya cukup tertarik untuk meneliti tentang hubungan iklim kerja dengan kinerja karyawan, di sebuah pt.
    mohon bantuan bapak untuk penguatan teori iklim kerja dan kinerja sebagai teori penunjang.

    hormat saya

    citra

    Posted by citra | March 16, 2008, 9:05 am
  6. Pak, saya mau tau tentang teori-teori yang dipakai dalam penelitian saya.
    judul nya “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas kepemimpinan dalam meningkatkan produktivitas karyawan”, (faktor-faktornya : faktor pemimpin, faktor bawahan, faktor lingkungan/ kondisi kerja).
    saya juga mau tau gimana cara membuat kuesionernya.
    jawabanya kirim ke email saya aja di wienzz_kho@yahoo.com

    terima kasih..

    Posted by Windy Kurniawan | March 26, 2008, 8:20 am
  7. windy kurniawan, terimakasih. Dalam pertanyaan, anda sdh dpt menyebutkan faktor-faktornya: faktor pemimpin, faktor bawahan, faktor lingkungan/kondisi kerja). Saya yakin bhw 3 faktor tsb pastilah dari sebuah teori. Teori lainnya tinggal menyesuaikan variabel utama penelitianya, yaitu teori produktivits kerja. Lakukan saja penelusuran pustaka yg memadai, maka anda tidak akan kesulitan menetapkan instrumennya. Jangan terpaku harus kuesioner! Bisa jadi variabel penelitian anda akan lebih tepat dg lembar pengamatan. Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | March 27, 2008, 4:14 am
  8. Asslamu’alaikum Pak Cokro,

    untuk penelitian ttg mengukur kinerja organisasi lembaga pemerintah dlm melakukan program kegiatan (kaitanya dengan efektifitas orgn).
    teori apa yang bisa saya pakai ? dan apa saja indikatornya ?.
    selain itu juga saya blm menemukan judul yg tepat.
    terima kasih Pak atas bantuannya,,,

    Posted by evy | April 8, 2008, 8:34 am
  9. Wa’alaikum salam evy. Untuk menetapkan teori dlm penelitian, tergantung dari masalah dan tujuan penelitian anda. Sehingga, kedua hal tsb, termasuk judul, hrs ditetapkan lebih dulu. Demikian, semoga bermanfaat. Wassalam

    Posted by cokroaminoto | April 9, 2008, 4:39 pm
  10. pak, saya sedang mengerjakan skripsi..
    dan dalam pengerjaan ini, saya selalu terhambat dengan masalah bahan/buku referensi..
    skripsi saya mengenai “konflik peran ganda pada wanita karier dan pemenuhan kebutuhan afiliasinya”.

    Posted by rikaridwan | April 13, 2008, 6:40 am
  11. saya sangat berterima kasih bila bapak berkenan memberikan sedikit tambahan referensi.
    terima kasih pak
    wass..

    Posted by rikaridwan | April 13, 2008, 7:20 am
  12. Rikaridwan, terimakasih. Maaf, agak terlambat meresponnya, karena ada diskusi offline. Topik “konflik peran ganda pada wanita karier dan pemenuhan kebutuhan afiliasinya” menurut pendapat saya banyak dibahas dalam buku/jurnal psikologi sosial. Untuk sumber online di internet anda bisa browsing via search engine, kemudian masukkan judul anda itu. Sebagai referensi anda bisa baca artikel di: http://www.jakartaconsulting.com/art-15-11.htm Demikian, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | April 16, 2008, 10:14 am
  13. Assm…..Pak…saya seorang mahasiswi yang sedang dalam proses tahapan membuat skripsi….masalahnya saya binggung dalam mencari bahan teori mengenai pengertian Profesionalisme Kerja pegawai MENURUT pendapat para ahli….Kebetulan judul saya mengenai “Pengaruh Profesionalisme kerja terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Camat”….terus terang saya bingung dalam menyusun kata2nya didalam proposal……dan saya binggung dalam menentukan jenis penelitian dan rumus statistik apa yang harus saya gunakan…..dengan demikian saya mohon kepada Bapak untuk memberi penjelasan dalam menyelesaikan masalah ini…dan kalo bisa kirimkan jawabannya secepat mungkin 1x 24 jam ke email saya miss_marina2004@yahoo.com atau sms ke 08192019238…..atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih….

    Posted by marina | April 22, 2008, 9:06 am
  14. Waalaikumussalam. Marina, terimakasih. Profesional dpt diartikan sebagai kemampuan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya serta pelayanan ke masyarakat secara tepat waktu, berdisiplin tinggi dan memuaskan. Untuk pengertian2 menurut para ahli, Marine dpt mencari buku atau sumber online di internet. Untuk contoh tulisan yang membahas pengertian dimaksud, silakan buka dokumen Rencana Kerja Tahunan Kecamatan Kota Bekasi. Demikian, semoga bermanfaat. Tdk usah bingung. Wasalam.

    Posted by cokroaminoto | April 24, 2008, 10:07 pm
  15. assalamualaikum
    pak saya berencana mau meneliti tentang penyediaan fasilitas publik bagi difabel. Karena saya melihat meski telah ada UU mengenai Penyandang cacat tapi belum dapat diimplementasikan secara optimal terlebih dalam penyediaan fasilitas publik, khususnya rumah sakit yang ramah/dapat diakses oleh penyandang cacat/difabel. Kira-kira menurut Bapak baiknya jenis penelitian saya tentang kebijakannya (Pemda) atau studi kasus. Tolong jelaskan kekurangan dan kelebihannya. serta referensinya kira-kira apa aj ya pak.Makasih

    Posted by kyan | April 30, 2008, 9:52 am
  16. Waalaikumussalam. Kyan. Untuk mendapatkan informasi tentang penyediaan fasilitas publik bagi difabel disarankan untuk menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-exploratif.

    Kyan dapat berangkat dari keberadaan dan implementasi UU mengenai Penyandang cacat tsb dlm hal pemenuhan fasilitas publik.

    Anda tdk usah mengarahkan ke penyediaan rumah sakit.

    untuk sumber2 online tentang penelitian kualitatif di internet, anda bisa buka situs: http://www.quaitativeresearch.net

    Posted by cokroaminoto | May 1, 2008, 12:45 am
  17. Waalaikumussalam. Kyan. Untuk mendapatkan informasi tentang penyediaan fasilitas publik bagi difabel disarankan untuk menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-exploratif.

    Kyan dapat berangkat dari keberadaan dan implementasi UU mengenai Penyandang cacat tsb dlm hal pemenuhan fasilitas publik.

    Anda tdk usah mengarahkan ke penyediaan rumah sakit.

    untuk sumber2 online tentang penelitian kualitatif di internet, anda bisa buka situs: http://www.qualitativeresearch.net

    Posted by cokroaminoto | May 1, 2008, 12:45 am
  18. Asslm pak, pak saya sedang menyusun skripsi saya sedang kesulitan dalam mencari rumus tentang sumbangan efektif yang saya tahu SE= R2*100%. Nah sama pembimbing saya diminta eksplore mencri rumus lain ada memang rumus lain SE= Beta*zero order core*100% tapi saya kesuliutan mecari literatur yang bahas rumus yang kedua bisa bapak membantu saya litertur buku yang membahas masalah itu. terima kasih pak bis balas ke email saya yogiboy2yahoo.com. makasih Wssalam

    Posted by yogi | May 8, 2008, 6:02 am
  19. Asslm pak, pak saya sedang menyusun skripsi saya sedang kesulitan dalam mencari rumus tentang sumbangan efektif yang saya tahu SE= R2×100%. Nah sama pembimbing saya diminta eksplore mencri rumus lain ada memang rumus lain SE= Beta×zero order core×100% tapi saya kesuliutan mecari literatur yang bahas rumus yang kedua bisa bapak membantu saya litertur buku yang membahas masalah itu

    Posted by yogi | May 8, 2008, 6:14 am
  20. Waalaikumussalam Yogi, terimakasih. Untuk sumber bacaan tentang rumus yang anda maksud, dapat anda dapat membaca sebuah tulisan tentang teknik Mencari Sumbangan Efektif Aspek Variabel.
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | May 9, 2008, 2:43 am
  21. Ass. Wr Wb.
    Saya lagi binggung nih… Saat ini saya sedang menyusun tesis. dengan judul Pengaruh gaya kepemimpinan dan Kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai Studi kasus di TKL Magelang.. Dari hasil penelitian (olah data mengunakan SEM) diperoleh hasil bahwa Pegawai tidak puas terhadap Gaya kepemimpinan yang diterapkan namun kinerja pegawai cukup tinggi bahkan sangat baik (dilihat dari perkembangan organisasi dan Laba TKL). Saya sudah berusaha mencari literatur pendukung tetapi belum saya temukan yang mendukung hasil penelitian tersebut.. Mohon pencerahan dan petunjuk referensi buku atau jurnal yang harus saya baca. Trims.. Wass.

    Posted by Setiawan | May 12, 2008, 1:52 pm
  22. Setiawan di Magelang, terimakasih. Melihat judul penelitian anda adalah Pengaruh gaya kepemimpinan dan Kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai Studi kasus di TKL Magelang. Dari hasil penelitian (olah data mengunakan SEM) diperoleh hasil bahwa Pegawai tidak puas terhadap Gaya kepemimpinan yang diterapkan namun kinerja pegawai cukup tinggi bahkan sangat baik.
    Saya menangkap bhw 2 variabel bebas anda tidak sejajar, bahkan bertingkat begini: gaya->kepuasan ->kinerja. Untuk itu mohon dicek lagi landasan dan kerangka konsep penelitianya. Selain itu, anda fokus sj sesuai tujuan penelitian, yaitu mengukur pengaruh 2 var bebas tsb dg kinerja, bukan pengaruh antar variabel bebasnya. Atau, jika demikian kondisinya, jangan dipaksakan. karena tingginya kinerja karyawan atau perusahaan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Bisa jadi, salah satu faktor tsb tidak berlaku dlm penelitian anda. Dalam pembahasan , anda tinggal menambahkan tinjauan metodologis. Untuk meyakinkan pembaca, bahwa hasil tsb demikian adanya dan bukan adanya kesalahan metodologi. Untuk sumber online di internet ttg teori kinerja, anda bisa klik link yg ada di blogroll di kanan bawah blog ini.
    Semoga bermanfaat. Salam

    Posted by cokroaminoto | May 12, 2008, 8:36 pm
  23. Pak saya mau buat kuesioner tentang analisis kinerja pegawai terhadap kepuasan konsumen di Perguruan Tinggi : (kepuasan tentang bidang administrasi akademik, perlengkapan perkuliahan, kemahasiswaan tentang informasi magang, beasiswa)
    demikian atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Posted by wahyu dwiyanto | June 20, 2008, 1:29 am
  24. wahyu dwiyanto, terimakasih. Jika sdh ditetapkan aspek kinerjanya dari bidang administrasi akademik, perlengkapan perkuliahan, kemahasiswaan tentang informasi magang, beasiswa. Maka langkah penyusunan instrumenya adalah menggali elemen kritis dari masing2 bidang. misalnya bidang administrasi akademik mengerjakan apa saja, kemudian kita tznyakan kepada konsumen bgm kepuasan pelayanannya dari elemen2 kritis yg dikerjakannya.

    Posted by cokroaminoto | June 20, 2008, 7:42 am
  25. Pak, saya mau tau tentang teori-teori yang dipakai dalam penelitian saya.
    judul nya “Pengaruh Pemberian insentif dan tunjangan resiko terhadap kinerja Petugas Pemasyarakatan”, saya juga mau tau gimana cara membuat kuesionernya.
    jawabanya kirim ke email saya aja di Irwans_Putra@yahoo.co.id

    terima kasih..

    Posted by IRWAN SYAHPUTRA | July 11, 2008, 3:20 pm
  26. IRWAN SYAHPUTRA, terimakasih. Melihat judul penelitian anda, paling tidak harus ada teori yang membahas variabel2 utama dalam penelitian. Untuk instrumen atau kuesioner, Irwan tidak perlu terburu-buru. Selesaikan dulu tinjauan teorinya.

    Posted by cokroaminoto | July 12, 2008, 4:01 am
  27. pak saya wahyu..
    saat ini saya sedang menyusun tugas akhir..tapi saya bingung dengan teori2 yang diperlukan..permasalahannya adalah hubungan antara faktor-faktro lingkungan nonfisik terhadap produktivitas kerja..
    nah untuk mengetahui faktor nonfisik tersebut apa saja bisa dilihat di teori apa yah???
    blog bapak mengenai membangun kinerja melalui perbaikan lingkungan sudah saya baca, tap saya tidak tahu keenam faktor non fisik tersebut berasal dari teori apa…
    bisa kah bpk kirim teori-teori apa saja yang melandasi pemikiran bapak memberikan keenam faktor tersebut (struktur tugas, desain pekerjaan, kempemimpinan dll).. pustaka/buku/literatur apa yang bapak gunakan?
    mohon jwabannya segera.. karena saya harus melakukan progress report kepada pembimbing saya..
    terima kasih sebelumnya..

    Posted by bagus wahyu | July 15, 2008, 5:01 am
  28. bagus wahyu, terimakasih. ke-6 faktor non fisik itu menurut teori kinerjanya Gibson, J. (1987). Organisasi dan Management: perilaku, struktur, proses. Terjemahan, Jakarsih, Jilid I, Jakarta: Pnbit Erlangga.

    Posted by cokroaminoto | July 24, 2008, 4:11 pm
  29. salam kenal pak

    saya lg susun skirpsi dengan judul studi kasus mengenai minat dan kreativitas pada seniman pencipta alat musik yang menggunakan barang bekas sebagai medianya. dalam prosesnya saya kekurangan bahan2 tentang minat dan kreativitas itu sendiri pak. mohon bantuannya.. TKS

    Posted by kun kun | August 15, 2008, 9:21 am
  30. Kun kun terimakasih. Minat dan kreativitas banyak dibahas dalam ilmu perilaku. Untuk mencari sumber di internet, anda bisa lakukan pencarian dg alat pencari. Lewat Blogroll.
    Demikian, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | August 15, 2008, 3:50 pm
  31. Mohon dijelaskan Metode Eksploratif. Jika Ada Contoh Lebih Baik. Terima Kasih Banyak. Sukses

    Posted by Andi PS | September 7, 2008, 5:04 am
  32. Andi PS, terimakasih. Metode exploratif, ad. cara mengumpulkan data dengan cara menggali dg pertanyaan2 yg sifatnya terbuka. Biasanya digunakan pd riset qualitatif. Umumnya metode ini berbentuk diskusi kelompok terarah (focused group discussion), wawancara mendalam (in-depth interview), pengamatan berpartisipasi (particypated observed).
    Untuk sumber belajar online silakan kunjungi, http://www.qualitativeresearch.net

    Posted by cokroaminoto | September 7, 2008, 9:59 am
  33. kunkun lagi pak.

    tanya pak, klo studi kasus hanya dengan satu sampel generalisasinya bagaimana? terima kasih

    Posted by kun kun | September 7, 2008, 12:38 pm
  34. Kunkun, terimakasih. Studi Kasus, merupakan jenis penelitian kualitatif. Berbeda dg penelitian kuantitatif, Dlm penelitian kualitatif, generalisasi tdk dilakukan mengacu pada kaidah probabilitas dan besar sampel, tetapi melalui ekstraksi kenyataan dari data yg ditemukan di lapangan. Peneliti menyajikan datanya dalam gambaran yg koheren/runtut dan konsisten.
    Uraian lebih banyak ttg metodologi riset kualitatif, anda bisa mengunjungi http://www.qualitativeresearch.net
    Demikian, kun kun, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | September 7, 2008, 3:05 pm
  35. selamat malam pak cokroaminoto..
    kebetulan temen saya sedang dalam penyusunan tesis judulnya “Implementasi Program Pembangunan Sumber Daya Manusia di Halmahera Utara (suatu studi evaluasi terhadap pembangunan sumber daya manusia oleh pemerintah daerah di Halmahera Utara”..

    dia berdiskusi dengan saya dan memohon bantuan saya untuk membantu dia dalam membuat kerangka penulisannya.. kemudian saya mengusulkan buat dia agar pada kerangka teoritisnya dibahas tentang Pembangunan Sumber Daya Manusia.. selanjutnya pada metodologi penelitiannya menggunakan qualitatif, sementara quantitatif sebagai pendukung..

    pada bab selanjutnya saya mengusulkan pada dia untuk membahas mengenai sepintas budaya masyarakat Halmahera Utara.. (maksud saya yaitu agar dia melihat budaya yang berkembang serta kesadaran masyarakat di sana tentang pentingnya peningkatan sumber daya manusia.. apalagi di sana masih kental dengan budaya patriakhalnya.. di mana wanita masih dinomor duakan.. sementara itu saya melihat aspek pembangunan sebagai suatu bentuk partisipasi masyarakat secara bersama.. tanpa memandang gender..)

    selanjutnya saya mengusulkan agar dia melihat implementasi program pembangunan sumber daya manusia oleh pemda Halmahera Utara

    setelah itu baru evaluasi kinerja pemda dalam pembangunan sumber daya manusia di Halmahera Utara..

    terima kasih sebelumnya..

    usulan dan masukan dari bapak akan sangat membantu saya dalam membangun kontruksi berpikir saya agar lebih sistematis.. Gott Segnet Dich

    Posted by johny U | September 10, 2008, 1:58 pm
  36. johny U, terimakasih. Membaca temanya adalah studi implementasi. Desain penelitiannya tepat menggunakan Riset Evaluasi. Teknik evaluasinya, meminjam konsep Weiss, dpt menggunakan comparative evaluation of program, theory and replication, atau cost-benefit analysis
    Demikian semoga bermanfaat. Herzlich Gruße.

    Posted by cokroaminoto | September 10, 2008, 4:50 pm
  37. Yth Pak Cokroaminoto
    Mohon bantuan utk membantu alur pikir saya. Saya mau bahas tentang Faktor-Faktor Penentu Sistem Kompensasi pada hotel-hotel di X. Tolong dibantu pak

    Irene

    Posted by Irene | September 15, 2008, 7:45 am
  38. Selamat pagi pak,
    Salam kenal, Pak Cokroaminoto
    sekarang saya sedang menyusun tesis-MAP dengan topik bahasan efektifitas dan produktifitas tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL-TBPP) dan tenaga participatory deseas surveylan respon (PDSR) tetapi mengalami kesulitas dalam penetuan variabel. apakah topik tadi bisa dijadikan judul atau kita fokus pada pengaruh variabel terhadap kinerja (produktifitas). mohon bantuan bapak jenis – jenis contoh variabel yang berpengaruh thd kinerja, literatur pendukung. terimakasih atas bantuannya.

    Posted by ghozali | September 16, 2008, 9:39 pm
  39. Irene, terimakasih. Alurnya dpt dilakukan evaluasibsistem kompensasi yg ada sekarang, dibandingkan dg teori kompensasi, diakhiri dg sistem kompensasi harapan para pegawai.

    Posted by cokroaminoto | September 17, 2008, 8:35 pm
  40. Ghozali, terimakasih. Untuk penelitian thesis, anda harus lebih fokus dan mendalam analisisnya. Untuk itu, tetapkan dulu lingkup kajiannya, efektivitas atau productivitas. Akan mengambil setting petugas penyuluh pertanian atau petugas surveillance. Jangan dicampur! karena keduanya memiliki karakteristik yg berbeda.

    Posted by cokroaminoto | September 17, 2008, 9:15 pm
  41. Ass. Wr. Wb.
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas masukannya thd pertanyaan sebelumnya. Dari masukan tsb saya ingin menentukan judul tesis ” Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja (produktifitas) tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL-TBPP). Dari judul tsb analisa kita fokuskan pada kinerja atau produktifitasnya ? variabel-variabel yang terkandung dalam judul tesis tsb? Teori / literatur siapa untuk mendukung kerangka teorinya? analisa memakai kualitatif atau kuantitatif? saya tunggu masukan dari bapak. trimakasih

    Posted by ghozali | September 19, 2008, 5:22 pm
  42. Ghozali, terimakasih. Judulnya baik juga. Tinggal peneliti menetapkan indikator/standard kinerjanya. Settingnya, dg score kinerja nantinya dihubungkan dg masing2 faktornya. Faktor yg memiliki nilai signifikansinya tinggi, itulah sebagai faktor yg berhubungan.
    Untuk sumber2 bacaan online, anda bisa klik link2 yg ada di menu blogroll.

    Posted by cokroaminoto | September 21, 2008, 12:36 am
  43. ass. pak cokro…

    saya mahasiswa pascasarjana UNPAR, sekarang sedang menyusun tesis, judul saya: “Hubungan Antara Besarnya Kompensasi dengan Kinerja Karyawan”, dan saya kesulitan untuk mencari referensi buku yang membahas tentang teori-teori kinerja. Oleh karena itu, saya akan sangat berterimakasih apabila pak Cokro bisa memberitahu saya judul2 buku berikut nama pengarangnya saya dapat saya gunakan untuk tesis saya.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

    regards
    Dody Budiman

    Posted by Dody Budiman | October 15, 2008, 4:24 am
  44. Dody Budiman, terimakasih. Untuk sumber2 online anda dpt pilih klik link di menu blogroll website ini.

    Posted by cokroaminoto | October 20, 2008, 10:26 pm
  45. AssWrWb Pak Cokro.

    Saya adalah seorang Mahasiswa Pascasarjana pada jurusan Transportasi Laut. Saya sedang membuat tesis dengan judul “HUBUNGAN PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEKANISME PELAYANAN DENGAN KINERJA PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI”.
    Saya kesulitan nih Pak mencari teori2 yang berkenaan dengan judul saya tersebut, yaitu dari Hubungan Peningkatan SDM dalam mekanisme pelayanan dengan kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Mohon bantuannya yah Pak, karena saya sudah mencari di internet, yang mirip2 judul saya, tetapi hasilnya nihil.
    Anyway, dari judul saya tsb, ada berapa variabel Pak dan pendekatan apa yang saya gunakan, klo kuantitaif seperti apa, kualitatif juga seperti apa & bagamaina membuat kuesionernya (tolong contohnya yah Pak).

    He…3x, ini minta saran atau minta tolong kerjain nih, banyak amat yah.
    He…3x, maaf yah Pak.

    Atas perkenan, perhatian, bantuan & kerjasamanya yang baik, saya ucapkan terimakasih, semoga Allah SWT membalas amal ibadah Bapak. Amien Yaa Rabbal Alamien

    Posted by Firman Saftari | December 4, 2008, 5:06 am
  46. Ass, wr, wb,
    Pak Cokro yth.

    Saya adalah mahasiswa pascasarjana yang sedang menyusun tesis dgn judul : “Analisis Berbagai Variabel Terpilih Terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kota Makassar” Mohon masukannya sehubungan dengan pembuatan kuesioner untuk penelitian, adapun variabel-variabel yang dimaksud adalah : 1) Rekruitmen, 2) Promosi, 3) Kompensasi, 4) Kemampuan dan 5) Disiplin Kerja.
    Atas perkenaan, perhatian, bantuan dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT membalas amal ibadah Bapak Amien Yaa Rabbal Alamien

    Posted by ahmad kafrawi | December 5, 2008, 9:34 am
  47. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
    Firman Saftari, terimakasih. Teori utamanya adalah kinerja. Dg variabel utama SDM (kualitas atau jumlah) sbg independent variable. Sedangkan variable Tugas pokok dan fungsi sebagai standard kinerja.
    Untuk sumber bacaan teori2 kinerja, anda bisa klik menu blogroll. Kl msh perlu bantuan, anda bisa kirimkan draft tesis anda via e-mail.
    Semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | December 8, 2008, 12:29 pm
  48. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
    ahmad kafrawi, terimakasih. Prinsip utama penyusunan instrument penelitian, termasuk kuesioner, adalah valid. Yaitu dpt secara tepat mengukur variable penelitian atau indikator2nya.
    Untuk dpt menyusunnya, maka kita harus tahu apa variable dan indikator2nya yg akan dikumpulkan. Oleh karena itu, dalamm tinjauan teori (bab 2) mestilah variable penelitian itu sdh harus jelas berikut indikatornya.
    Dalam kasus anda memilih variable 1) Rekruitmen, 2) Promosi, 3) Kompensasi, 4) Kemampuan dan 5) Disiplin Kerja. Sebelum anda mengakhiri bab 2, anda sdh harus membahasnya msg2 variable tsb berikut indikator masing2 variable tsb. Ambillah contoh misalnya variable kompensasi, indikator apa saja di dalamnya yg mau anda ukur? Jenis yg pernah mereka terima, bgm mekanismenya, bgm kesesuaiannya dg harapannya, bgm penilaian kompensasi itu dari sudut pegawai, apakah adil, apakah memotivasi dan memiliki nilai penting dst.
    Setelah itu, berdasarkan indikator dari variable kompensasi tsb, kita dpt menyusunnya sbg instrument penelitian.
    Wasalam.

    Posted by cokroaminoto | December 8, 2008, 12:50 pm
  49. aq mau tau donk metodologi penelitian untuk masalah riset pemasaran dengan menyebar quesioner ttg suatu produk melalui internet (mengirim email) dan yang nantinya menjadi populasi yaitu seluruh pemilik email (misal, seluruh yang menggunakan yahoo) dan sampel pemilik email yang terpilih. thx info nya…

    Posted by biL | December 19, 2008, 10:27 am
  50. Pak Cokro yg baik….sy saat ini sdg menyusun tesis ….n kesulitan utk menyusun daftar questioner….judul tesis saya Pengaruh Motivasi, Kompensasi dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Pegawai…

    tks banyak atas bantuannya Pak Cokro

    Posted by abi | January 8, 2009, 9:19 am
    • abi, terimakasih kunjungannya. Daftar pertanyaan merupakan alat untuk mengumpulkan data dari variabel penelitian.Begini, deskripsikan dulu variabel yg mau anda kumpulkan tersebut. Indikatornya apa saja, bagaimana cara mengukurnya.
      Nah, berikutnya, kita coba bertanya bagaimana indikator tersebut dapat kita peroleh datanya. Itulah kuesioner. Semoga bermanfaat.

      Posted by cokroaminoto | January 28, 2009, 7:32 am
  51. Bpk yang bijaksana, sekarang saya sedang menyusun tesis dengan judul pengaruh penilaian prestasi kerja dan pengembangan karir terhadap peningkatan kinerja aparatur daerah. saya mau minta tolong, apa yang menjadi indikator atau instrumen penelitian dari penilaian prestasi kerja, pengembangan karir dan kinerja, mohon bantuannya segera, terima kasih

    Posted by rira | January 25, 2009, 4:45 pm
    • rira terimakasih. Indikator biasanya diturunkan dari variabel penelitian. Indikator inilah nantinya dikembangkan menjadi instrumen penelitian, yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan datanya.
      Untuk memastikan variabel penelitian, lakukan dulu kajian teori secukupnya. dari situlah anda mendapatkan masukan yang lengkap tentang variabel2 penelitian. Dari banyak teori yang anda tinjau, tetapkan teori mana yang akan anda gunakan dasar dalam penelitian anda. Itulah landasan teori penelitian, yang berisi variabel utama penelitian.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Posted by cokroaminoto | February 7, 2009, 7:22 am
  52. salam..
    sukses pak…
    semangat…
    ganbatte kudasai…!!!!!!!!!!

    Posted by umi daimah | February 19, 2009, 6:55 am
  53. umi daimah terimakasih.
    salam, sukses dan tetap semangat juga utk anda.

    Posted by cokroaminoto | February 22, 2009, 12:11 am
  54. bapak yang baik hati…..saya salah satu mahasiswi PTS dimakassar yang sedang menyusun proposal penelitian untuk skripsi. judul skripsi saya AUDIT MAMAJEMEN ATAS FUNGSI PERSONALIA (REKRUITMEN) PADA PT. COCO COLA BOTTLING MAKASSAR. Namun saya mengalami kendala dalam pebuatan kuesioner dan masalah pokok serta tujuan penelitian. saya mohon kiranya bapak berkenan hati untuk membantu saya,sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Posted by resky | February 24, 2009, 7:15 am
  55. resky terimakasih. Lho kalau tujuan penelitianya anda pun masih bingung, maka harus difocuskan dulu. Setelah anda rumuskan tujuan umum dan khususnya, anda perlu melakukan tinjauan teori. Hingga kita memperoleh kerangka teori dan konsep penelitian. Dari kerangka teori kita tetapkan metodologinya dan definisi operasional penelitian. Dalam definisi mencakup variabel dan parameter, teknik pengukuran. Dari situlah kita dapat menyusun instrumen penelitian, membuat kuesioner.
    Demikian reski, semoga bermanfaat.

    Posted by cokroaminoto | February 27, 2009, 3:42 am
  56. Ass.
    Pak Cokro yang baik
    saya mahasiswa S2 yg sedang menyusun thesis, rencanya mengambil tema “Pengembangan model rekrutmen internal jabatan fungsional pemeriksa pajak berbasiskan job design pada kantor pajak x”. yg saya tanyakan apakah tema/judul tsb layak utk dijadikan tesis? dasar pemikirannya adalah ternyata rekrutmen internal jabatan fungsional pemeriksa pajak tsb. tidak menarik bagi pegawai pajak sehingga sepi peminat oleh karena itu saya ingin mengembangkan model rekrutmen tsb agar menarik bagi pegawai pajak, berdasarkan riset kecil2an/wawancara penyebabnya di antaranya: pekerjaan pemeriksa tidak menarik (menimbulkan kejenuhan krn monoton), mengandung risiko yg tinggi terkena sanksi dari pengawas pmt baik itjen, bpkp, bpk, dan kpk juga pemangku jabatan ini lebih sering mutasi (berpindah-pindah tempat kerja). yg saya tanyakan apakah sudah benar komponen2 tsb merupakan bagian dari job design? terus apakah kerangka pemikiran penulisan tesis saya ini logis? terima kasih banyak atas jawabannya pak (maaf terlalu panjang)

    Posted by arif b | March 24, 2009, 7:51 am
    • arif b, terimakasih. Cukup menarik, its OK. Tinggal memilih jenis penelitiannya. Saya sarankan untuk melakukan Riset Qualitatif. Dengan subyek karyawan, dan manajer. Lakukan Focused Group Discussion dari kelompok masing-masing. Diskusikan bagaimana pandanganya tentang sub-sub tema/permasalahan tsb. Selanjutnya anda bandingkan antara teori dengan kenyataan di lokasi penelitian.
      Semoga bermanfaat.

      Posted by cokroaminoto | April 3, 2009, 6:33 am
  57. ass.wr.wb
    saya mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, rencananya mengambil judul “budaya organisasi pelayanan publik di KPP Pratama jember”.saya ambil judul ini karena di kantor pajak ada restrukturisasi atau modernisasi sehingga banyak pembahruan didalamnya. tapi apa bisa diteliti budaya pada organisasi yang kurang dari 3 tahun melaksanakan pemabaharuan tersebut. kira-kira teori dan konsep apa saja yang bisa saya gunakan dan metode penelitian apakah yang saya pakai, apakah kwlitatif atau kuantitatif?
    terimakasih atas penjelasan dan bantuan bapak.

    Posted by meira | May 27, 2009, 2:55 am
    • meira, terimakasih. Boleh saja, misalnya bagaimana kondisi saat ini organisasi (existing conditions) dibandingkan harapan atau target kinerjanya. Kendala dan faktor potensialnya apa saja, yang anda jadikan fokus penelitian. Boleh kualitatif. Untuk teori organisasi anda bisa baca literatur kinerja organisasi yang saya posting. Untuk sumber bacaan online tentang riset dan metode kualitatif anda bisa kunjungi website tentang riset kualitatif. Semoga bermanfaat.

      Posted by cokroaminoto | June 2, 2009, 7:18 am
  58. Ada beberapa topik penelitian yang mungkin dapat menjadi ide penelitian anda, silahkan kunjungi situs kami di
    http://repository.gunadarma.ac.id

    Posted by Adhit Herwansyah | September 7, 2009, 4:21 am
  59. Mohon bantuan, yang saya tanyakan: no. 1 cara interpretasikan bagaimana?, no. 2 dan 3 mengartikannya bagaimana serta menarasikan?
    1. Dalam hasil penelitian saya: persamaan regresi Y = -10,073 + 0,309 X1 + 0,099 X2 + 0,335 X3 + 0,571 X4,
    2. Uji –t : hasil perhitungannya
    a) pengalaman kerja (X1) terhadap unjuk kerja diperoleh nilai t hitung sebesar 2,679 dan t tabel sebesar 2,023. dan p = 0,011 0,05
    c) lingkungan kerja (X3) terhadap unjuk kerja diperoleh nilai t hitung sebesar 2,451 dan t tabel sebesar 2,023 dan p = 0,019 < 0,05,
    d) motivasi kerja (X4) terhadap unjuk kerja diperoleh nilai t hitung sebesar 3,047 dan t tabel sebesar 2,023. dan p = 0,004 < 0,05,
    3. Uji F, hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung sebesar 28,581 dan Ftabel sebesar 2,61 dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05,
    Trimakasih atas perkenan dan bimbingannya

    Posted by Soepasetijantini | November 3, 2009, 8:19 am
  60. siang pak..
    mohon responnya…
    menurut tanggapan bapak untuk analisa data tentang hubungan rotasi pegawai terhadap motivasi kerja, mana yang harus digunakan korelasi spearman atau chi kuadrat???
    terima kasih atas bantuannya

    Posted by nurdin basyarah | November 4, 2009, 8:43 am
  61. Salam
    Pak mohon bantuannya
    Sy mahasiswa D3 prodi Adm.bisnis. sebentar lagi sy akan menyusun TA. tapi masih bingung dengan judul penelitian yang akan diambil. saya berminat thd teknologi informasi dan kreatifitas.. kira2 yang sesuai dengan disiplin ilmu saya apa ya?
    trimakasih

    Posted by Ismiati | November 22, 2009, 6:05 am
  62. Selamat bertemu.
    Pak, saya sekarang lagi nyiapin tulisan skripsi dengan judul “Peran Guru dan Pengasuh Dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada SDLB Bajawa. Saya sekarang lagi menjadi pengasuh pada sebuah panti anak cacat, dan sambil kuliah difakultas hukum. Kira-kira Judul mana yang pas buat saya kalau dikaitkan dengan analisa hukum, dan uraian selanjutnya seperti apa? mohon penjelasan. Terima kasih.

    Posted by Robert Bh | January 9, 2010, 6:24 am
  63. Pak Cokro, saya ingin meneliti tentang “Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Stress Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT.Sinar Pantja Djaya”, apakah menurut pak Cokro judul yang saya gunakan itu sudah tepat? Lalu, teori apa yang sebaiknya saya gunakan?

    Terimakasih,
    Ika

    Posted by Ika | February 20, 2010, 8:48 am
  64. pak,,saya sedang mengerjakan skripsi dengan judul “Hub antara stres kerja dan kepuasan kerja pada peternak ayam” apakah bapak punya literatur yg berhubungan dgn skripsi saya?kalau ada blh minta tlg kirim ke email saya?terima kasih
    Sheenta_maniez@yahoo.com

    Posted by shinta | April 30, 2010, 12:58 am
  65. P’ cokro th, sy ingin meneliti tentang “Pengaruh gaya kepemimpinan pemerintah terhadap kualitas pelayanan publik di kecamatan X. Sbg pemula sy bingung untuk memulai dari mana dan jenis penelitian apa yg cocok untuk saya gunakan. Tks

    Posted by yuyun | May 12, 2010, 12:44 am
  66. Pak, saya mau minta tolong…saya sedang penulisan skripsi dengan judul analisis pengaruh audit operasional terhadap pendapatan laba PT.xxxx tapi saya stuck d bab 4 karena dosen saya meminta agar saya mendapat dasar darimana peneliti mendapat pertanyaan kuesioner, sudah saya cari dari buku-buku tentang audit bahkan ke perpustakaan nasional juga saya belum mendapatkannya. Mohon bantuannya darimana saya mendapat dasar pembuatan kuesioner???

    Posted by trie | May 31, 2010, 9:30 am
  67. asslm..
    Pak, saya mau tanya tentang teori-teori yang dipakai dalam penelitian saya.
    judul nya “pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja perawat rawat inap”, (faktor-faktornya : faktor pemimpin, faktor internal (pengalaman, motivasi, lama kerja, n hubungan antar perawat). menurut bpk ap faktor2 yang saya pilih itu terkait dengan judul skripsi saya? dan saya harap bapak bersedia memberitahukan teori2 yang relevan.
    saya juga mau tau gimana cara membuat kuesionernya.
    jawabanya kirim ke email saya bila bpk berkenan di dwievi_melina@yahoo.com

    terima kasih..

    Posted by dwi evi | June 26, 2010, 7:15 am
  68. Terimakasih Y Pak….
    saya sempet baca2 coment di atas…..& berkat itulah saya dapat menemukan tutorial tentang Sumbangan Efektif yang mana dalam skripsi saya selalu dipermasalahkan…
    Terimakasih…

    Posted by Novita | June 15, 2011, 8:08 am
  69. dear..pa
    mohon saya dibantu sy lg buat proposal tesis untuk penelitian tentang kinerja, salah satu variabel yg sy angkat adalah variabel lingkungan kerja pengaruh terhadap kinerja pegawai…mohon sy dibantu referensi yang bisa saya gunakan..
    trims atas bantuannya

    Posted by moh isnanto | July 28, 2011, 7:46 am
  70. ASS….
    mohon dibantu..sya lagi buat proposal penelitian tentang pengaruh loyalitas bawahan di peemerintahan…mohon saya dibantu variabel apa saja yang tepat….mohon dapat di emailkan ke westren_00@yahoo.com.
    terima kasih..

    Posted by atpriatna | April 28, 2012, 6:21 am
  71. Maaf pak…sy ingn brtnya…
    Saat ini sy dalam pnyusunan proposal…dn adpun judl yang saya akan teliti yaitu “analisis tentang kinerja tenaga perawat di ruang rawat inap interna” tpi saya bingung dengan data awal yang harus sya lpaparkan di latar blkng shingga msalahnya bisa terlihat dengan jls…kira2 data apa saja yg perlu sy cari agar sesuai dengan judul saya….mhn bantuannya….

    Posted by ayhuki | November 9, 2012, 12:41 pm
  72. maaf pak,
    ,saya kan mengajukan proposal penelitian, yang saya tanyakan??
    jika meneliti dikota yang berbeda,tapi variabel independent nya sama dengan yang diteliti tahun 2011 apa kah boleh??
    mohon bantuannya

    Posted by andri | December 30, 2012, 6:14 pm
  73. Selamat siang pak, saya mohon dibantu untuk membuat proposal penelitian ‘mengenai pengaruh pengembangan karir dan budaya organisasi terhadap kinerja” literatur untuk menunjang judul ini kurang sekali bagaimana untuk mendapatkannya? terima kasih

    Posted by tenny | March 27, 2013, 4:45 am
  74. Selamat siang Pak. Saya mau ambil penelitian tentang kinerja petugas pengelola program TB di Puskesmas, jadi saya pakai teorinya Gibson. Tapi, saya kekurangan referensi nih pak. Mohon bantuannya. Trims Pak.

    Posted by Intan | March 14, 2014, 2:50 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Staff Performance » Blog Archive » Konsep Dasar Menulis - February 22, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Selamat Datang. Anda adalah pengunjung ke:

  • 425,491

Temui Saya

Di Blogspot. Temui saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: