//
you're reading...
Pengalaman

Tips dan Trik MewujudkanPELAYANAN PRIMA Di Rumah Sakit*)

(*Disampaikan pada:In-House Training “Pelayanan Sepenuh Hati” di RS PKU Muhammadiyah Sruweng, 2 Desember 2006

Unsur dlm Pelayanan Prima
 Efektif
 Efisien
 Aman
 Nyaman
 Memuaskan

Manfaat Pelayanan Prima bagi RS
 Mencerminkan produktivitas RS
 Balancad Score-Card tinggi, dari aspek:
 financial measurement
 marketing perspective
 production & operational perspective
 human resource perspective
 Jalan Menuju RS Barokah

Bagaimana Mewujudkannya?
 bicara “fokus pada pelanggan” maka konteks seharusnya adalah pada “pelanggan internal dan eksternal.”
 Tidak mungkin terjadi “fokus pada pelanggan” tanpa didahului oleh “fokus pada karyawan.”
 Harus fokus pada peningkatan KINERJA KARYAWAN

Kinerja Karyawan tergantung pada (Gibson):
 Motivasi
 Kemampuan
 Lingkungan kerja

Apa sebenarnya yg dibutuhkan karyawan (Maslow):
 Physiological Needs (Kebutuhan fisiologis/dasar/pokok)
 Safety Needs (kebutuhan akan rasa aman).
 Social/Affiliation Needs (kebutuhan untuk bersosialisasi)
 Esteem Needs (kebutuhan harga diri).
 Self-actualization Needs (kebutuhan aktualisasi diri).

Ada apa dengan Kemampuan karyawan?
 Pengetahuan (Pendidikan, pelatihan, informasi, pengalaman)
 Kondisi Tubuh
 Faktor Keluarga (demographical factors)
 Faktor alamiah (geographical factors)

Lingkungan kerja
 Struktur tugas dan pola kerja
 Kompleksitas pekerjaan
 Pola kepemimpinan dan kerjasama
 Ketersediaan alat sarana kerja
 Imbalan (reward system)

Tips Memotivasi Karyawan
 Komunikasi Yang Terbuka: memberikan kepada pekerja keterangan yang mereka perlukan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang baik
 memberikan kesempatan umpan balik secara teratur
 meminta masukan dari karyawan dan melibatkan mereka di dalam keputusan yang mempengaruhi pekerjaan mereka
 Membuat saluran komunikasi yang mudah dipergunakan, sehingga karyawan dapat menggunakannya untuk mengutarakan pertanyaan/kehawatiran mereka dan memperoleh jawaban.
 Sambungan telepon langsung, kotak saran, forum-forum kelompok kecil, tanya jawab dengan pimpinan dan “politik pintu terbuka”
 belajar dari para karyawan itu sendiri apa yang memotivasi mereka.
 mempelajari apa saja kegiatan-kegiatan lain yang pekerja lakukan bila mereka mempunyai waktu luang, dan kemudian menciptakan kesempatan bagi mereka untuk melakukan kegiatan itu secara lebih teratur.
 memberi selamat secara pribadi kepada karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik.
 terus menerus memelihara hubungan dengan orang yang mereka bawahi
 menulis Memo secara pribadi kepada mereka tentang hasil kinerja mereka.
 menghargai karyawan karena pekerjaan mereka yang baik secara umum
 meliputi pertemuan-pertemuan pembentukan moril seperti “merayakan kesuksesan yang dicapai kelompok”
 memberi karyawan satu pekerjaan yang baik untuk dikerjakan
 apakah karyawan mempunyai sarana kerja yang terbaik.
 Kenalilah kebutuhan-kebutuhan pribadi karyawan
 Gagasan menggunakan kinerja sebagai dasar untuk promosi
 menetapkan suatu kebijakan promosi dari dalam secara komprehensif.
 menegaskan komitmen perusahaan terhadap perkaryaan jangka panjang
 membantu berkembangnya rasa “bermasyarakat”
 Gajilah karyawan secara bersaing berdasarkan apa yang mereka kerjakan
 menawarkan “pembagian keuntungan” (profit sharing) kepada karyawan.

Referensi: Dari beberapa sumber yang diolah

About these ads

About cokroaminoto

Lahir di Pekalongan, 29 Nopember 1966. Berkeluarga, dengan 2 anak. Sejak SD hingga SLTA Kejuruan lulus di Pekalongan. Menjalani ikatan dinas dari Departemen Kesehatan sejak 1987 di Kebumen. Pada tahun 1996 menyelesaikan program sarjana FISIP, dan pada tahun 2001 lulus program pasca sarjana Manajemen Kesehatan di UGM Yogyakarta. Sejak itu, mulai tertarik pada wilayah kajian pengembangan kinerja (Walah, sok ilmiah..). Bukan apa-apa, karena dalam dunia kerja, apa lagi kerja di kantoran, persoalan kinerja menjadi biang keladi dan akar permasalahan utama. Bagaimana tidak, maju-mundurnya sebuah kantor, organisasi, bahkan dari sistem pemerintahan tergantung dari sini. Trus, dari mana harus mulai, faktor apa saja yang mempengaruhi, kendala apa saja yang biasa menghambat pengembangannya. Apa kita bisa memperbaikinya? Hal-hal inilah kemudian yang menjadi motivasi saya untuk membuat blog ini. Eh syukur menjadi tempat berbagi pendapat dan pengalaman. Amin

Discussion

8 thoughts on “Tips dan Trik MewujudkanPELAYANAN PRIMA Di Rumah Sakit*)

  1. artikel ini cukup baik dan berguna. Kalau memungkinkan dapat diperlengkapi lagi dengan contoh pelayanan rumahsakit, betapa pentingnya pelayanan yang baik terpadu dan bagaimana tentang etika promosi rumah sakit bila dibandingkan dengan rumah sakit di luar Indonesia. salam. dr Erwin Manurung. RS Hermina Podomoro Jakarta

    Posted by erwin | March 2, 2008, 6:53 pm
  2. Erwin, terimakasih komentarnya. Dalam naskah lengkapnya ada. Berbagai aspeknya, etik promosi pelayanan kesehatan tetap harus memperhatikan norma bahwa pelayanan kesehatan itu hak setiap warga negara. Maaf seperti yang diamanatkan dalam Amandemen II UUD 1945 pada Pasal 28H (1). Sehingga, dalam konteks apapun bisnis promosi kesehatan di Indonesia harus tetap berorientasi pada nilai sosialnya. Bukan menjadi promosi bisnis kesehatan.

    Posted by cokroaminoto | March 3, 2008, 2:50 pm
  3. sugeng mampir pak…

    Posted by eri | March 29, 2008, 7:57 pm
  4. Eri, terimakasih. Nuwun inggih. Ngaturaken kasugengan.

    Posted by cokroaminoto | March 30, 2008, 1:00 am
  5. terima kasih ulasan yang sangat bermanfaat, walau perlu ekstra keras mewujudkannya……

    Posted by ukim sukiman | March 24, 2010, 4:37 pm
  6. mudahan berkah utk kita semua

    Posted by fauzi | May 1, 2012, 11:58 pm
  7. mohon trik ……how to make our costumer smile if the reward that employee dapat masih minimmmmm..(sori bahasa campur2)

    Posted by RIDHA | March 18, 2013, 4:21 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Pelayanan Prima-Respon untuk Sri Ridayanti « MEMBANGUN KINERJA STAFF - September 11, 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Selamat Datang. Anda adalah pengunjung ke:

  • 415,685

Temui Saya

Di Blogspot. Temui saya Cokroaminoto, untuk berdiskusi masalah Perencanaan Kesehatan untuk membangun kinerja staff, atau bagaimana Menulis Proposal dan Laporan Penelitian untuk kertas kerja (working-paper), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Skripsi, Thesis atau sejenisnya atau tertarik untuk melihat dari dekat keragaman budaya Nusantara. Atau membaca koleksi file atau download materi kuliah saya.

Di blogetery.com, anda dapat menemukan juga blog saya, tulisan isteri dan anak saya. Terima kasih.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: